nusabali

PMI Buleleng Disokong Operasional Kemanusiaan

  • www.nusabali.com-pmi-buleleng-disokong-operasional-kemanusiaan

SINGARAJA, NusaBali
Palang Merah Indonesia (PMI) Buleleng mendapat sokongan dana operasional kemanusiaan. Melalui Bulan Dana PMI periode 1 Oktober hingga 31 Desember 2022 lalu terkumpul dana dari kepedulian masyarakat Buleleng sebesar Rp 231.441.250.

Dana ini akan membantu operasional PMI selama tahun 2023 dalam menjalankan misi kemanusiaan. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Buleleng Ni Made Rousmini mewakili Penjabat (Pj) Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana, usai serah terima dana PMI Rabu (15/2)  mengatakan PMI Buleleng sebagai mitra pemerintah, sangat berkontribusi dalam kegiatan kemanusiaan dan bakti sosial. Terutama saat terjadi bencana dan situasi force majeur.

Menurutnya pengumpulan dana ini akan digunakan untuk menjalankan misi kemanusiaan di daerah. Peruntukannya untuk kesiapsiagaan bencana, siaga ambulans, unit donor darah, layanan masyarakat berupa bakti sosial, pendidikan, pelatihan relawan serta kegiatan kemanusiaan lainnya.

“Kontribusi masyarakat tidak hanya melalui bulan dana, tetapi daya dukung serta sumbangan berbagai pihak dapat disalurkan kapan saja dimana saja. Dukungan dan usaha ini akan sangat membantu penanganan bencana yang terjadi di Kabupaten Buleleng,” kata Rousmini.

Di tempat yang sama Ketua PMI Kabupaten Buleleng, dr I Nyoman Sutjidra menjelaskan kegiatan bulan dana PMI ini dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Dukungan dan sumbangan yang datang pun dari seluruh elemen masyarakat, sinergi dan kolaborasi instansi Pemerintah, DPRD, TNI/Polri, perguruan tinggi dan sekolah-sekolah.

“Kami evaluasi kegiatan tahun 2022 memang hampir semua sudah berjalan dengan baik, kecuali pembinaan-pembinaan dan pelatihan SDM karena masih situasi pandemi Covid-19. Tetapi tahun ini dengan kondisi yang sudah stabil kami pastikan bisa lebih baik lagi,” papar mantan Wakil Bupati Buleleng ini.

Sutjidra pun mengajak seluruh masyarakat Buleleng untuk rajin mengikuti kegiatan donor darah untuk membantu sesama. Sebab kebutuhan darah untuk transfusi di rumah sakit wilayah Buleleng cukup tinggi dan memerlukan banyak pendonor. *k23

Komentar