nusabali

Polisi Ringkus Pencuri Rangkap Penipu

  • www.nusabali.com-polisi-ringkus-pencuri-rangkap-penipu

BANGLI, NusaBali
I Wayan Nawa,41, diringkus jajaran Unit Reskrim Polsek Kintamani, Bangli.

Pria asal Banjar Kubakal, Desa Pempatan, Kecamatan Rendang, Karangasem ini melakukan aksi pencurian di Desa Bayung Gede, Kecamatan Kintamani. Saat diperiksa, ternyata dia juga pelaku penipuan bermodus menjual barang. Setelah mengambil uang muka, barang tidak dikirimkan.

Kapolsek Kintamani Kompol Ruli Agus Susanto mengatakan pihaknya mengamankan pelaku pencurian handphone di Banjar Pludu, Desa Bayung Gede, Kintamani. Pelaku sebelumnya mencuri handphone dan uang yang disimpan dalam cashing handphone. Awalnya, pelaku mendatangi korban I Wayan Suardana,26, yang sedang memetik bunga gumitir. Pelaku kemudian menyampaikan jika ban truk pecah di jalan raya Penelokan. Pada saat ini pelaku menawarkan pupuk kepada korban. "Korban saat tidak sedang membutuhkan pupuk sehingga tawaran di tolak. Namun pelaku terus merayu," ungkapnya, Jumat (10/2).

Selang beberapa waktu, pelaku meninggalkan lokasi tersebut. Tidak berapa lama, Wayan Suardana hendak mengambil handphone di kandang sapi, namun handphone itu sudah tidak ada. "Korban juga menyelipkan uang tunai Rp 500.000 pada cashing handphone tersebut. Korban mengalami kerugian sekitar Rp 3,5 juta.

Kasus tersebut dilaporkan ke Polsek Kintamani. Tim menyelidiki kasus tersebut. Pada Kamis (9/2), pelaku berhasil diamankan. "Pelaku diamankan saat berada di rumah salah satu warga di Desa Selat, Kecamatan Selat,  Karangasem. Saat diintrogasi, pelaku pengakui perbuatannya. Pelaku beralasan hal tersebut dilakukan karena desakan ekonomi," kata Kompol Ruli.

Handphone curian kemudian dijual oleh pelaku. Uang hasil penjualan itu digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Tidak hanya disitu. Pelaku juga melakukan aksi penipuan dan sudah sangat meresahkan warga. Yang mana pelaku awalnya menawarkan barang pada korbannya. Ketika sudah diberikan uang muka, barang justru tidak dikirim kepada pembeli. "Pelaku ini beraksi di wilayah Bangli dan Karangasem," sebutnya.*esa

Komentar