nusabali

Bersih-Bersih Pantai dan Gelar Workshop Ecobrick, Acer dan Seasoldier Kolaborasi di Bali

  • www.nusabali.com-bersih-bersih-pantai-dan-gelar-workshop-ecobrick-acer-dan-seasoldier-kolaborasi-di-bali

MANGUPURA, NusaBali.com – Sebanyak 1,8 ton sampah organik dan non organik berhasil dikumpulkan Acer dan Seasoldier saat menjalankan kampanye #SayangBumi dengan kegiatan bersih-bersih Pantai Telaga Waja di Kuta Selatan, Bali, Sabtu (28/1/2023).

Bukan hanya bersih-bersih pantai, pada kesempatan itu juga dilangsungkan edukasi berupa workshop mengolah sampah menjadi ecobrick.

Kegiatan ini didukung oleh beragam komunitas mulai dari Forum Peduli Mangrove Bali, Balaram Mangrove Heroes, Mangrove Rangers, dan generasi muda dari SMA Widiatmika Jimbaran, KMPL Fakultas Kedokteran Universitas Udayana dan sukarelawan dari Crusaders MC Indonesia Bikers, hingga masyarakat setempat dan dihadiri oleh perwakilan UPTD Taman Hutan Raya (Tahura) Provinsi Bali. 

"Kami berkolaborasi dengan Seasoldier dan komunitas untuk menjalankan rangkaian kegiatan #SayangBumi dengan tujuan melestarikan lingkungan di sekitar pantai,” kata Anandita Puspitasari, Consumer Marketing Manager Acer Indonesia.

Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran mengenai pengolahan sampah plastik agar dapat dimanfaatkan kembali. 

Edukasi mengenai cara membuat ecobrick berikut manfaatnya ini cukup menarik karena menampilkan pemanfaatan ecobrick menjadi meja, kursi, dan produk mebel lainnya yang ramah lingkungan.

“Tujuan dari inisiatif #SayangBumi adalah untuk mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan menerapkan gaya hidup berkelanjutan," lanjut Anandita.

Limbah plastik sendiri adalah salah satu yang paling banyak mencemari lautan, sedangkan jumlah sampah di laut Indonesia diperkirakan telah mencapai lebih dari 5,75 juta ton. Oleh karena itu, aksi bersama dan edukasi yang dilakukan oleh Acer bersama para komunitas diharapkan dapat memberikan dampak yang nyata terhadap kelestarian lingkungan.

 “Workshop ini merupakan salah satu kegiatan yang diharapkan dapat memberikan kontribusi langsung terhadap lingkungan. Kami mengajarkan bagaimana cara memilah limbah plastik di rumah tangga dan lingkunga secara sederhana, untuk diubah menjadi sesuatu yang bermanfaat dalam kegiatan sehari-hari,” ujar Mega Prima, Project Coordinator, Seasoldier Bali.

Kegiatan bersih-bersih pantai di wilayah Telaga Waja Pratama berhasil mengumpulkan sebanyak 1,856 kilogram sampah yang terdiri dari sampah organik maupun non-organik. 

Pengangkutan sampah tersebut dibantu oleh truk dari pihak Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup (DKLH) Kabupaten Badung, Bali. Selain itu, sebagian sampah organik pun ditanam langsung ke permukaan pasir dengan kedalaman 1 meter. 

Kegiatan ini melanjutkan aksi perdana Acer dan Seasoldier pada bulan Desember 2022 di Pantai Tanjung Pasir, Kabupaten Tangerang, yang berhasil mengumpulkan lebih dari 300 kilogram sampah dengan dukungan 65 sukarelawan. 

Pada kegiatan itu pula, Acer sekaligus memperlihatkan laptop Acer Aspire Vero 14 yang ramah lingkungan. Terbuat dari berbagai material daur ulang seperti 30% plastik post consumer recyled (PCR) pada permukaan, 50% plastik PCR pada bagian keyboard, dan limbah plastik lautan pada touchpad. 

Varian warna mariana blue juga diperoleh secara alami dari pemilahan plastik tanpa penggunaan bahan cat berbahaya. Kemasannya yang terbuat dari bahan daur ulang dan 100% recyclable dapat dibentuk ulang dan dimanfaatkan untuk keperluan lain, sehingga meningkatkan nilai guna.

Hadir sebagai laptop eco-friendly, Acer tidak mengesampingkan performa komputasi pada Aspire Vero generasi terbarunya. Didukung oleh 12th Gen Intel® Core™ Processor, Aspire Vero 14” (AV14-51) juga telah tersertifikasi Intel® Evo™ Platform untuk memastikan bahwa laptop ini membawa performa tinggi nan responsif, tahan lama, dan punya fitur premium yang memudahkan pengguna seperti kamera Full HD dan noise cancellation

Dilengkapi dengan aplikasi khusus bernama VeroSense, Aspire Vero akan membantu memperpanjang masa pakai perangkat, serta mengoptimalkan konsumsi daya secara hemat.

Acer pun mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam aksi #SayangBumi dengan membagikan ide untuk berkontribusi dalam menjaga bumi. 

“Kami berharap, kolaborasi ini dapat mendorong generasi muda untuk melakukan langkah-langkah #SayangBumi, agar dapat lebih peduli terhadap lingkungan dan menerapkan gaya hidup berkelanjutan,” tutup Anandita.

Komentar