nusabali

KPU Gianyar Lantik PPK, Tegallalang Nihil Perempuan

  • www.nusabali.com-kpu-gianyar-lantik-ppk-tegallalang-nihil-perempuan
  • www.nusabali.com-kpu-gianyar-lantik-ppk-tegallalang-nihil-perempuan
  • www.nusabali.com-kpu-gianyar-lantik-ppk-tegallalang-nihil-perempuan

GIANYAR, NusaBali - KPU Kabupaten Gianyar melaksanakan pelantikan, pengucapan sumpah janji, dan bimbingan teknis sebanyak 35 orang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada Pemilihan Umum 2024, Senin (2/1), bertempat di Desa Buruan, Kecamatan Blahbatuh.

Secara umum, keterwakilan perempuan sebagai PPK di Kabupaten Gianyar terpenuhi, kecuali Kecamatan Tegallalang.

Ketua KPU Kabupaten Gianyar I Putu Agus Tirta Suguna saat dikonfirmasi mengatakan keterwakilan perempuan sebagai Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kabupaten Gianyar secara umum terpenuhi. 

“Secara umum keterwakilan perempuan terpenuhi, tidak melampaui. Tiap kecamatan ada minimal satu orang perempuan. Bahkan ada yang dua,” kata Tirta Suguna. 

Kecamatan yang diisi dua perempuan di antaranya Kecamatan Gianyar, Sukawati, dan Payangan. Namun diakui, salah satu kecamatan nihil perempuan yakni Tegallalang. Selain itu, Kecamatan Ubud, Blahbatuh, dan Tampaksiring terwakili satu perempuan anggota PPK.

Pelantikan diawali dengan pembacaan Surat Keputusan KPU Kabupaten Gianyar Nomor 64 Tahun 2022 tentang Penetapan dan Pengangkatan Panitia Pemilihan Kecamatan pada Kabupaten Gianyar untuk Pemilihan Umum Tahun 2024, oleh Kasubbag Hukum dan SDM KPU Kabupaten Gianyar, dilanjutkan dengan pengambilan sumpah dan janji anggota PPK, serta penandatangan Pakta Integritas Anggota PPK.

Tirta Suguna dalam sambutannya menyampaikan bahwa KPU dan PPK memiliki tanggung jawab untuk menyukseskan Pemilu 2024. “Harapannya setelah pelantikan ini PPK dapat melakukan koordinasi awal dengan camat di wilayah kerja masing-masing,” ucap Tirta Suguna.

Pengarahan dari anggota KPU Provinsi Bali I Gede John Darmawan, bahwa PPK merupakan perpanjangan tangan dari KPU dan akan melaksanakan kebijakan organisasi di tingkat kecamatan. “Peranan PPK sangat strategis, sehingga PPK harus menunjukkan jati dirinya sebagai panglima demokrasi yang independent pada Pemilu 2024,” ucap John Darmawan.

Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Gianyar Dewa Alit Mudiarta mewakili dan membacakan sambutan Bupati Gianyar, menekankan kepada PPK yang baru saja dilantik untuk senantiasa menjaga netralitas serta integritas dalam menjalankan tugas-tugas yang diemban. Seluruh pemangku kepentingan untuk senantiasa menjaga situasi keamanan dan ketertiban yang kondusif, sehingga seluruh tahapan pemilu dapat terselenggara dengan lancar. Pada kesempatan ini Dewa Alit juga menyampaikan Pemerintah Kabupaten Gianyar siap mendukung dalam menyukseskan Pemilu 2024.

Kegiatan ditutup dengan pelaksanaan bimbingan teknis dari masing-masing divisi KPU Gianyar. 7 nvi

Komentar