nusabali

Vaksinasi Rabies di Buleleng 75 Persen, 60.383 Anjing Sudah Divaksinasi

  • www.nusabali.com-vaksinasi-rabies-di-buleleng-75-persen-60383-anjing-sudah-divaksinasi

SINGARAJA, NusaBali
Pemkab Buleleng melalui Dinas Pertanian menggencarkan vaksinasi rabies. Saat ini capaian vaksinasi rabies di Buleleng sudah mencapai 75 persen atau 60.383 ekor anjing, dari populasi 80.317 ekor.

Vaksinasi rabies ini ditargetkan tuntas pada Februari 2023. ‘’Per  9 Januari 2023, capaian vaksinasi rabies di Buleleng mencapai 75,18 persen. Total anjing yang sudah divaksinasi 60.383 ekor dari total jumlah populasi anjing 80.317 ekor. Dari 9 wilayah kecamatan di Buleleng, ada yang sudah divaksin dan ada yang belum," ujar Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Buleleng, I Made Suparma

Dia menambahkan, vaksinasi dilakukan oleh 17 tim, yakni 12 tim inti dan 5 tim dari luar Dinas Pertanian. Mereka dikerahkan menyisir seluruh wilayah di Kabupaten Buleleng. "Warga yang kami latih sudah lama ada di masing-masing kecamatan ikut melakukan vaksinasi sekarang jumlahnya 5 tim," ujar Suparma.

Kepala Dinas Pertanian Buleleng, Made Sumiarta, optimis target vaksinasi dapat lebih cepat dari tenggat waktu yang diberikan Pj Bupati Buleleng. "Kami optimis target vaksinasi rabies tercapai lebih cepat dari deadline melalui skema-skema di lapangan. Karena dari target harian tim kami 80 dosis, sudah 100 dosis lebih kita capai masing-masing tim," tegasnya.

Dia menyebutkan, masyarakat mulai sadar akan bahaya rabies. Sehingga minim hambatan penolakan dari masyarakat yang ditemukan petugas di lapangan. "Dalam penanganan rabies ini melibatkan masyarakat seutuhnya. Mulai dari sistem kesadaran, mengedukasi, termasuk dalam penanganannya lokasi di desa," jelasnya. *mz

Komentar