nusabali

Desa Adat Suwat Gelar Siat Yeh di Catuspata

  • www.nusabali.com-desa-adat-suwat-gelar-siat-yeh-di-catuspata
  • www.nusabali.com-desa-adat-suwat-gelar-siat-yeh-di-catuspata
  • www.nusabali.com-desa-adat-suwat-gelar-siat-yeh-di-catuspata

GIANYAR, NusaBali - Desa Adat Suwat, Kecamatan Gianyar menggelar Siat Yeh atau perang air di catuspata Desa Suwat pada Redite Paing Dungulan, Minggu (1/1).

Siat Yeh digelar pada puncak Festival Air Suwat ke-8. Siat Yeh diharapkan bisa memupuk semangat kebersamaan untuk membangkitkan energi positif agar segala yang dicita-citakan dan diimpikan bisa tercapai di tahun depan.

Bendesa Adat Suwat, Ngakan Putu Sudibya menerangkan, Festival Air Suwat 2022 diselenggarakan sesuai pakem. Ada dua kegiatan penting yang dilaksanakan yakni Siat Yeh dan Perang Lumpur. “Perang Lumpur dilaksanakan di areal persawahan pada 30 Desember 2022. Siat Yeh digelar pada 1 Januari 2023. Kegiatan ini untuk menampilkan energi positif,” ungkap Ngakan Sudibya. Festival Air Suwat ke-8 dengan tema ‘Bangkit Bersatu Bersama Air’. 

Bagi Desa Suwat, air merupakan sesuatu yang sangat penting sebagai wahana taksu. Air bisa menyatukan, menyuburkan, dan menghidupkan. “Kami konsisten menjadikan air sebagai ikon Desa Adat Suwat. Terbaru dalam kegiatan ini adalah melibatkan komponen masyarakat Gianyar, lari di atas lumpur dalam Perang Lumpur,” jelasnya. Desa Adat Suwat juga akan meluncurkan dua produk baru sebagai ikon wisata baru di Desa Suwat yakni Suwat Paradise Adventure sebagai Badan Usaha Padruwen Desa Adat (BUPDA) dan Suwat Trans yang bergerak di bidang transportasi berupa antar-jemput tamu asing sekaligus menyewakan mobil.

Sementara Patajuh Bendesa Adat Suwat, Dewa Gede Raka menambahkan, Siat Yeh diikuti oleh seluruh krama Desa Suwat, tua, muda, hingga anak-anak. “Krama luar desa dan pengunjung juga bisa berpartisipasi,” jelasnya. Siat Yeh diharapkan bisa memupuk semangat kebersamaan untuk membangkitkan energi positif agar segala yang dicita-citakan dan diimpikan bisa tercapai di tahun depan. 7 nvi

Komentar