nusabali

Dua Wisman Terseret Ombak Pantai Diamond Belum Ditemukan

  • www.nusabali.com-dua-wisman-terseret-ombak-pantai-diamond-belum-ditemukan

SEMARAPURA, NusaBali
Tiga orang wisatawan mancanegara (wisman) terseret ombak Pantai Diamond (Diamond Beach) Banjar Pelilit, Desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Selasa (3/1) siang.

Akibatnya, 2 wisman hilang terseret ombak dan 1 wisman berhasil selamat. Kedua wisman terseret ombak yakni Yury Chernyavskiy, 36, asal German, dan Matthias Mittringer, 42, asal Austria. Hingga Kamis (5/1) sore keberadaan korban belum ditemukan. Sedangkan, Daniel Hrdliczka, 37, asal Austria berhasil selamat.

Informasi di lapangan kejadian ini terjadi pada pukul 12.00 Wita, ketika itu Daniel tengah asik berenang. Namun, tiba-tiba Daniel terseret ombak, dan kejadian ini pun dilihat oleh para pengunjung lain.

Selanjutnya 4 orang pengunjung lainnya yang merupakan wisman saat berwisata di Pantai Diamond berusaha memberikan pertolongan. Akhirnya, Daniel berhasil diselamatkan dan dievakuasi ke pesisir pantai.

Namun, hanya 2 wisman dari penolong dapat kembali ke pesisir pantai dengan selamat. Sedangkan 2 orang wisman lainnya yang hendak menolong justru terseret arus.

Selanjutnya kejadian ini dilaporkan ke Polsek Nusa Penida. Tak berselang lama Tim SAR gabungan langsung melakukan pencarian, namun hingga saat ini kedua korban belum ditemukan.

Plt Kapolsek Nusa Penida, AKP I Nyoman Suparwata, mengatakan pencarian pada hari ketiga dilakukan oleh Tim SAR gabungan dimulai sejak Kamis pagi hingga sore. Personel Polsek Nusa Penida dipimpin Pawas Kanit Intelkam Polsek Nusa Penida Iptu I Made Suarta, bersama 4 anggota, Koramil Nusa Penida dan Basarnas. Pencarian dilakukan dengan penyisiran darat dan penyisiran laut dengan boat dari Basarnas. "2 orang korban hingga saat ini belum ditemukan," ujar AKP Suparwata.

Untuk pencarian dari jalur darat dengan cara menyisir dari tebing Pantai Diamond. Sedangkan pencarian jalur laur dengan menyusuri lokasi korban tenggelam dan sekitarnya. Namun, pencarian dari jalur laut ini juga terkendala cuaca akibat angin kencang dan arus gelombang yang sangat kuat. Untuk itu pencarian dilanjutkan Jumat (6/1) hari ini.

Sebelumnya, seorang wisatawan asal Malaysia, Niliasih A/J Jeganathan, 24, tewas tenggelam saat berenang di Diamond Beach (Pantai Diamond) Banjar Pelilit, Desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Selasa (27/12).

Selain itu, seorang wisatawan asal Amerika, Matthwe Jhon, 31, digulung ombak saat berenang di Pantai Kelingking, Desa Bungamekar, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Senin (26/12) siang. Akibatnya korban mengalami keseleo pada bahu kiri dan langsung dilarikan ke Clinik Nusa Medical, Nusa Penida. Karena situasi ombak besar korban tidak bisa dievakuasi lewat laut, sehingga korban bersama istrinya serta sopir berusaha jalan kaki naik ke atas tebing Pantai Kelingking.

Selain itu, seorang wisatawan asal Cina, Chiu Way Vivian, 26, terkilir di Pantai Diamond (Diamond Beach), Desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Rabu (14/12) siang. Akibatnya korban tidak bisa menaiki tangga sehingga harus dievakuasi dengan tandu oleh Tim SAR, Polri, dan TNI. Hasil pemeriksaan tim medis, korban mengalami keseleo pada kaki. *wan

Komentar