nusabali

Pemkab Gianyar Berikan Penghargaan kepada Wajib Pajak

  • www.nusabali.com-pemkab-gianyar-berikan-penghargaan-kepada-wajib-pajak

Gianyar Regents Tax Award diawali dengan melakukan seleksi terhadap 5.655 wajib pajak.

GIANYAR, NusaBali
Bupati Gianyar I Made Mahayastra menyerahkan penghargaan Regents Tax Award Tahun 2022 kepada para pengusaha dan wajib pajak yang taat membayar pajak. Penyerahan award ini digelar di Taman Maheswara, Kantor Bupati Gianyar, Kamis (15/12). Bupati Mahayastra mengungkapkan, pemberian award kepada wajib pajak dapat mengangkat reputasi wajib pajak di mata publik. Memotivasi wajib pajak melaksanakan kewajiban dengan baik dan meningkatkan rasa tanggung jawab serta ketaatan membayar pajak.

Bupati Mahayastra menyampaikan apresiasi serta ucapan terima kasih kepada wajib pajak yang telah melaksanakan kewajibannya. Penganugerahan Gianyar Regents Tax Award diawali dengan melakukan seleksi terhadap 5.655 wajib pajak ke dalam 2 kategori. Terjaring 40 nominator kepatuhan wajib pajak dan 10 nominator setoran pajak terbesar. Dari hasil penilaian, Four Seasons Resort meraih dua penghargaan sebagai peringkat pertama kepatuhan wajib pajak dan setoran pajak terbesar. Mandapa Ritz Carlton peringkat kedua kepatuhan wajib pajak dan setoran pajak terbesar. PT Awahita Indonesia Putra/Capella peringkat ketiga kepatuhan wajib pajak dan Padma Resort Ubud peringkat ketiga setoran pajak terbesar.

Selain memberikan penghargaan untuk memotivasi wajib pajak, Pemkab Gianyar juga berikan pelayanan prima kepada masyarakat dalam kemudahan membayar pajak. Melakukan pengembangan pelayanan berbasis elektronik atau online sehingga wajib pajak dengan mudah mendapat informasi dan pelayanan pajak daerah. Bupati Mahayastra mengungkapkan, potensi wajib pajak baru dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Pada tahun 2021 sebanyak 4.608 wajib pajak dan tahun 2022 mengalami kenaikan menjadi 5.655 wajib pajak atau naik 22,72%. “Kami juga membuat program Tax Incentive yaitu memberikan stimulus kepada dunia usaha akibat terdampak pandemi Covid-19 berupa penghapusan denda atau sanksi piutang pajak hotel, restoran, hiburan, dan PBB P2 untuk mendorong wajib pajak membayar piutang pajak,” jelas Bupati Mahayastra.

Kebijakan Tax Incentive dibuktikan dengan naiknya pembayaran piutang pajak dari sebelum pelaksanaan Tax Incentive sebesar Rp 5,8 miliar lebih. Saat pelaksanaan program Tax Incentive, pembayaran piutang naik menjadi Rp 22,5 miliar lebih atau naik sebesar 287%. Program Pelayanan Pajak Daerah Mobil Keliling ke pelosok desa untuk melayani masyarakat di pelosok desa dalam pembayaran pajak dan layanan informasi pajak yang diperlukan oleh masyarakat. Pelayanan lain yang juga diberikan adalah Pelayanan Pajak Daerah secara online dan pembayaran pajak daerah berbasis elektronik atau secara digital bekerja sama dengan Bank BPD Bali.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Gianyar sekaligus ketua panitia Gianyar Regents Tax Awards 2022, Ngakan Ketut Jati Ambarsika mengatakan, langkah lain yang dilakukan dalam meningkatkan penerimaan pajak daerah di antaranya membentuk Tim Satgas Penertiban dan Penagihan Pajak Daerah yang melibatkan kejaksaan, kepolisian, dan OPD terkait. Melakukan pemeriksaan kepada wajib pajak dalam kepatuhan pelaporan serta langkah lainnya sebagai upaya meningkatkan penerimaan pendapatan daerah. *nvi

Komentar