nusabali

Mourinho Dipecat, Hiddink Datang

  • www.nusabali.com-mourinho-dipecat-hiddink-datang

Setelah tujuh bulan lalu memberi gelar juara bagi Chelsea, pelatih Jose Mourinho kini harus dipecat.

LONDON, NusaBali
Setelah sembilan kekalahan di Premier League musim ini, Chelsea akhirnya resmi mencopot Jose Mourinho dari kursi pelatih.  Mourinho dipecat pada hari Kamis (17/12), setelah sang juara bertahan harus rela terperosok di peringkat 16 klasemen usai 16 pertandingan musim 2015-16. The Blues hanya berjarak dua poin saja dari zona degradasi.

Beberapa nama pun mengapung sebagai calon pengganti Mourinho di Stamford Bridge. Berbagai spekulasi pun bermunculan. Di antaranya,  Guus Hiddink danJuande Ramos yang sama-sama tak menangani tim.  Nama Ramos sudah muncul sebagai kandidat dalam beberapa hari terakhir. Eks pelatih Real Madrid dan Tottenham Hotspur itu, sama seperti Hiddink, bisa dipercaya tangani Chelsea untuk jangka pendek saja.

Lalu ada juga pelatih tanpa klub, Carlo Ancelotti. Penampilan Chelsea di bawah asuhan Don Carlo begitu mempesona, saat Frank Lampard dan Didier Drogba mencetak 63 gol pada musim 2009-10 yang berujung juara Premier League dan Piala Liga. Namun, Ancelotti dipecat satu musim berselang saat nirgelar. Sementara dua pelatih teratas yang juga digadang-gadang jadi pelatih adalah Pep Guardiola (Bayern Muenchen) dan  Diego Simeone (Atletico Madrid). 

Di antara bursa nama ini, nama Hiddink mendadak sudah berada di kota London.  Media Inggris Sky sports melaporkan, pria asal Belanda itu sudah mendarat di London, Jumat (18/12), untuk bernegosiasi dengan manajemen The Blues. Hiddink juga tak asing bagi The Blues karena sempat menangani John Terry cs pada musim 2008-2009.

Hiddink sendiri mengaku tak mau buru-buru menerima tawaran Roman Abramovic. "Saya ingin mendapatkan beberapa wawasan sebelum mengambil keputusan. Saya ingin informasi sebanyak mungkin mengingat Chelsea sekarang dalam posisi buruk," ucap Hiddink dalam wawancara dengan De Telegraaf, Jumat (18/12).

"Apakah saya nantinya akan datang ke pertandingan selanjutnya tergantung pada pembicaraan saya nanti. Kemudian saya akan memutuskan apakah harus tinggal lama di London lebih lama atau tidak," pungkas Hiddink.
Rencananya, manajemen klub memastikan Chelsea sudah punya manajer baru sebelum pertandingan berikutnya. Laga selanjutnya yang akan dijalani The Blues adalah melawan Sunderland dalam lanjutan Liga Inggris pekan ke-17, Sabtu (19/12).

Para pemain sendiri sudah menjalani latihan perdana tanpa kehadiran pelatih utama. Namun, wajah murung terlihat ketika John Terry, Eden Hazard, Nemanja Matic, Oscar, Cesc Fabregas dan Diego Costa datang ke Cobham, markas latihan tim. 

Fabregas sempat disebut-sebut sebagai salah satu pemain yang sempat bermasalah dengan Mourinho. Tapi uniknya, dia malah menjadi yang pertama memberikan komentar perpisahan emosional kepada The Special One. "Terima kasih atas semuanya yang Anda lakukan buat saya. Saya sangat menghormati dan kami akan selalu merindukan," tulisnya di Twitter. 7

Komentar