nusabali

Ajak Masyarakat Sumbang Ide, Punggul Luncurkan SIM BPD

  • www.nusabali.com-ajak-masyarakat-sumbang-ide-punggul-luncurkan-sim-bpd

MANGUPURA, NusaBali
Desa Punggul, Kecamatan Abiansemal terus berinovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Terbaru Desa Punggul yang ditetapkan sebagai Desa Digital kini melauching Sistem Informasi Manajemen (SIM) BPD Punggul, Senin (12/12) malam. Lauching langsung dilakukan oleh Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta didampingi Ketua TP PKK Badung Ny Seniasih Giri Prasta.

Perbekel Punggul Kadek Sukarma, menjelaskan dalam upaya mempermudah administrasi dan penyerapan aspirasi masyarakat, BPD Punggul dalam penerapan teknologi komunikasi merancang dan membangun SIM BPD. Tujuannya, kata dia, memberikan kemudahan warga untuk menyampaikan aspirasi kepada pemerintah desa.

“Aspirasinya bisa berupa berupa ide atau gagasan, saran atau kritik kepada pemerintah desa,” ujar Sukarma. Menurut Sukara, SIM BPD Punggu ini juga memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan melalui hak mengemukakan pendapat secara online. “Aplikasi SIM BPD ini juga sebagai bentuk era komunikasi modern yang telah membawa perubahan besar pada kultur birokrasi yang dituntut untuk bekerja cepat, tepat, dan akurat,” katanya.

Sementara, Bupati Giri Prasta menyampaikan apresiasi kepada Desa Punggul, karena sudah menjadi role model di Badung, Bali, bahkan tingkat nasional dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat yang berbasis pelayanan digital. “Inovasi ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi Kabupaten Badung lantaran Punggul telah mengalami perkembangan dan kemajuan sesuai dengan perkembangan digital yang semakin berkembang,” ujarnya.

“Saya berharap desa-desa yang lain di Kabupaten Badung dapat melakukan studi tiru terkait pelayanan yang berbasis digital ke pemerintahan Desa Punggul, guna meningkatkan pelayanan dan kemajuan di Kabupaten Badung,” harap bupati asal Desa Pelaga, Kecamatan Petang ini. *asa

Komentar