nusabali

Inilah Kegunaan Mic Condenser yang Perlu Anda Tahu

  • www.nusabali.com-inilah-kegunaan-mic-condenser-yang-perlu-anda-tahu

DENPASAR, NusaBali.com - Anda suka menyanyi? Sudah tahu keberadaan dan kegunaan Mic Condenser? Namun sebenarnya, mic condenser ini juga bisa anda gunakan saat melakukan rekaman suara untuk Youtube juga.

Mari kita berkenalan dengan Mic Condenser ini terlebih dahulu. 

Mic condenser ini juga banyak disebut dengan capasitor microphone. Microphone jenis ini memang berbeda dari mic biasa pada umumnya (dynamic microphone). 

Komponen pada mic condenser ini terdapat membran yang akan bergetar saat menangkap suara sekecil apapun. Ketika membran ini bergetar, maka akan memicu aktifnya sinyal listrik yang diolah menjadi suara pre amplifier. 

Jika anda perhatikan, microphone yang digunakan para penyanyi di atas panggung dengan microphone yang digunakan dalam sebuah siaran vlog maupun siaran podcast di Youtube terlihat berbeda.

Benar. Itu adalah perbedaan yang paling terlihat antara dynamic microphone dengan microphone condenser.

Lalu, apa sebenarnya kegunaan mic condenser ini terhadap suara kita?

Inilah Kegunaan Mic Condenser

Fungsi utama mic condenser pada umumnya adalah untuk mengolah suara yang ditangkap agar menjadi lebih jernih dan jelas. 

Keunggulan dari mic condenser ini adalah mampu menangkap getaran suara yang sangat pelan atau lemah. 

Namun perlu anda perhatikan jika ingin membeli mic condenser ini adalah bahwa microphone jenis ini lebih cocok digunakan untuk di dalam ruangan saja. Jadi, memang berbeda dengan dynamic microphone.

Itulah mengapa, mic condenser ini banyak digunakan oleh para vlogger, youtuber maupun siaran live streaming lainnya.

Apakah menginginkan microphone yang satu ini? Tidak perlu bingung harus membeli di mana. Karena saat ini mic condenser sudah banyak tersedia di berbagai marketplace, salah satunya adalah Blibli. 

Blibli sendiri merupakan marketplace yang sudah dikenal dengan barang original dan berkualitas. Sehingga anda tidak perlu khawatir akan mendapatkan mic condenser palsu. Di Blibli juga ada banyak merek hingga model mic condenser, sehingga lebih memudahkan anda untuk mendapatkan microphone sesuai dengan kebutuhan.

Kemudian, di Blibli juga terdapat fitur asuransi dan gratis ongkir yang bisa digunakan kapan saja untuk memberikan jaminan kenyamanan. Selain itu, banyaknya promo maupun diskon setiap harinya juga membuat anda berbelanja dengan lebih hemat. 

Dari penjelasan singkat mengenai mic condenser ini, perlu anda ketahui juga bahwa ada berbagai jenis suara yang bisa ditangkap olehnya. Salah satunya adalah menangkap suara yang hanya berasal dari arah depan microphone saja.

Jenis Suara yang Ditangkap Oleh Mic Condenser

1. Cardioid

Jenis suara pertama yang bisa ditangkap oleh mic condenser adalah sumber gelombang suara yang berasal dari depan saja. Kelebihan ini, adalah yang paling sering dijumpai pada berbagai merek mic condenser.

Dengan demikian, suara yang dihasilkan tentu lebih jernih karena hanya fokus pada satu sumber gelombang saja. Jadi, bisa sekaligus memfilter dari suara-suara bising lain di sekitar anda maupun lawan bicara.

2. Omnidirectional

Jenis suara yang kedua adalah gelombang suara yang berasal dari berbagai arah. Benar. Omnidirectional ini adalah kebalikan dari jenis suara cardioid.

Mic condenser omnidirectional ini bisa dibilang cukup sensitif dengan suara dari berbagai arah, sehingga tidak hanya berfokus pada satu arah sumber suara saja.

Karena itu, manfaat mic condenser ini selain juga bisa digunakan sebagai pengeras suara juga banyak dimanfaatkan saat melakukan live streaming karena mampu menghasilkan suara jernih. 

Baik. Rasanya cukup sampai di sini bahasan kita terkait kegunaan mic condenser. Semoga informasi singkat ini bisa menambah pengetahuan dan menjawab pertanyaan anda.

Komentar