nusabali

Ditaklukkan Kosta Rika, Tiket 16 Besar Jepang Tertunda

  • www.nusabali.com-ditaklukkan-kosta-rika-tiket-16-besar-jepang-tertunda

JAKARTA, NusaBali
Jepang harus mengakui keunggulan Kosta Rika di laga kedua Grup E Piala Dunia 2022.

Samurai Biru kalah tipis 0-1 meski tampil dominan. Timnas Kosta Rika pun mencegah langkah Jepang membuat kejutan di Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan tim Samurai Biru dengan skor 1-0 pada pertandingan Grup E di Stadion Ahmed bin Ali, Al Rayyan, Qatar, Minggu (27/11) malam Wita. Pada pertandingan perdana Grup E, Jepang secara mengejutkan mengalahkan Jerman dengan skor 2-1, di sisi lain Kosta Rika dibantai Spanyol 0-7.

Satu-satunya gol yang dicetak oleh Kosta Rika pada pertandingan dicatatkan oleh Keysher Fuller pada menit ke-81, demikian catatan laman resmi FIFA. Berkat kemenangan itu Kosta Rika berada di peringkat ketiga klasemen sementara Grup E Piala Dunia 2022 dengan raihan tiga poin, sedangkan Jepang menduduki posisi kedua karena unggul dalam urusan selisih gol.

Pada pertandingan tersebut, Jepang sedikit lebih mendominasi dengan mencatatkan 57 persen penguasaan bola serta melepaskan 13 tendangan yang tiga di antaranya tepat sasaran. Meski begitu, Kosta Rika yang kalah dalam penguasaan bola, mampu memanfaatkan dengan baik peluang yang mereka miliki karena dari empat tendangan ke gawang, satu di antaranya berbuah menjadi gol.

Pada babak pertama, Jepang mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan kerap memberikan ancaman ke gawang Kosta Rika, namun hingga turun minum skor 0-0 tetap bertahan. Di babak kedua, Jepang tetap bermain menyerang, akan tetapi usaha skuad Samurai Biru belum bisa memanfaatkan kesempatan yang mereka didapatkan.

Saat Jepang keasyikan menyerang, pada akhirnya Kosta Rika yang mampu unggul lebih dulu melalui tendangan Fuller seusai memanfaatkan umpan dari Yeltsin Tejeda pada menit ke-81 untuk keunggulan Los Ticos. Di sisa waktu babak kedua, Kosta Rika berhasil mempertahankan keunggulan sehingga membuat Jepang menelan kekalahan pertama mereka di ajang Piala Dunia 2022. Selanjutnya Kosta Rika akan menghadapi Jerman, Jumat (2/12), sedangkan Jepang akan menjalani partai hidup mati kontra Spanyol di hari yang sama.

Akibat kekalahan dari Kosta Rika ini, tiket babak 16 besar menjauh dari tim Samurai Biru. Padahal, jika menang, Jepang selangkah lagi lolos. Mereka tinggal berharap Spanyol menang atau imbang melawan Jerman pada, Senin (28/11) dinihari Wita. Jepang saat ini bertengger di peringkat kedua klasemen Grup E Piala Dunia 2022 dengan koleksi tiga poin dari dua laga. Sementara itu, dengan koleksi poin serupa, Kosta Rika duduk di tangga nomor tiga klasemen Grup E. *ant

SUSUNAN PEMAIN
Jepang (4-2-3-1): 12-Shuichi Gonda (GK); 2-Miki Yamane (9-Kaoru Mitoma 62'), 4-Ko Itakura, 22-Maya Yoshida, 5-Yuto Nagatomo (26-Hiroki Ito 46'); 6-Wataru Endo, 13-Hidemasa Morita; 8-Ritsu Doan (14-Junya Ito 67'), 15-Daichi Kamada, 24-Yuki Soma (10-Takumi Minamino 82'); 21-Ayase Ueda (18-Takuma Asano 46'). Pelatih: Hajime Moriyasu

Kosta Rika (4-4-2): 1-Keylor Navas; 8-Bryan Oviedo, 15-Francisco Calvo, 6-Oscar Duarte, 19-Kendall Waston; 13-Gerson Torres (20-Brandon Aguilera 65'), 17-Yeltsin Tejeda, 5-Celso Borges (14-Youstin Salas 89'), 4-Keysher Fuller Spence; 7-Anthony Daniel Contreras Enriquez (9-Jewison Bennette 65'), 12-Joel Campbell (2-Daniel Chacon 90'). Pelatih: Luis Fernando Suarez

Komentar