nusabali

Pawai HUT Tabanan Libatkan 3.000 Seniman

Ki Tulup Empet Puri Tabanan Ikut Pawai

  • www.nusabali.com-pawai-hut-tabanan-libatkan-3000-seniman

TABANAN, NusaBali
Pawai Nusantara menyambut HUT ke-529 Kota Tabanan akan dilaksanakan pada Minggu (27/11)  mendatang.

Dalam pawai ini, Bupati Tabanan, Wakil Bupati Tabanan dan seluruh Kepala OPD akan mengenakan pakaian tokoh pewayangan maupun pakaian adat Bali.

Ketua Panitia HUT Kota Tabanan, sekaligus Kepala Bapelitbang Tabanan, I Gede Urip Gunawan mengatakan untuk Pawai Nusantara ini seluruh OPD dan seniman terlibat. Khusus seniman melibatkan 2.500-3000 seniman. "Persiapan untuk HUT sudah siap semua, tinggal penataan saja di Gedung I Ketut Maria dan pengecatan tapal batas," jelas Gede Urip, Minggu (13/11).

Dikatakan, mengenai pawai tersebut konsepnya mirip seperi pawai PKB (Pesta Kesenian Bali). Hanya saja bedanya pimpinan ikut jalan kaki menuju panggung kehormatan yang dibuat di Jalan Gajah Mada selatan Pasar Tabanan. Saat pawai sudah disiapakan sejumlah arak-arakan.

Sesuai dengan konsep awal, jelas Gede Urip, barisan paling depan pawai barisan drum band mulai anak-anak, remaja, hingga dewasa. Kemudian barisan kedua kesenian okokan, barisan ketiga benda pusak Ki Tulup Empet (sumpitan sepanjang 1,5 meter) dari Puri Agung Tabanan ikut tampil.

Kemudian baru barisan pimpinan, kepala OPD hingga kecamatan. Lalu akan ditampilkan pula Tari Gandrung, Reog Ponorogo, Barong Sai, Barong Ket dan barong lainnya. "Konsep pawai ini adalah Pawai Nusantara sehingga seluruh kesenian Nusantara dilibatkan," jelasnya.

Sementara mengenai pawai, arak-arakan ini akan berjalan menuju panggung kehormatan di Jalan Gajah Mada. Peserta pawai ini pun direncanakan akan mengenakan pakian tokoh pewayangan dan adat Bali termasuk Bupati Tabanan dan Wakil Bupati Tabanan akan mengenakan tokoh pewayangan, hanya saja jenisnya belum ditentukan.

Setelah tiba arak-arakan di panggung kehormatan, jelas Urip, akan diselenggarakan sejumlah hiburan maupun pementasan. Termasuk nanti meresmikan Tari Jayaning Singasana. "Seluruh seniman terlibat akan atraksi. Jadi pawai akan dimulai pukul 08.00 wita," terangnya  

Dia pun berharap kegiatan menyambut HUT yang jatuh pada 29 November berlangsung dengan meriah. Karena sejumlah kegiatan sudah dibuat untuk menyambut. "Sekarang Tabanan sudah ramai, aksesoris sebagai penanda HUT sudah dipasang. Mudah-mudahan Tabanan menjadi lebih baik," harapnya. *des

Komentar