nusabali

HUT Kota Tabanan, 10 Ontelis Tabanan Safari Keliling Bali

  • www.nusabali.com-hut-kota-tabanan-10-ontelis-tabanan-safari-keliling-bali

TABANAN, NusaBali
Ada yang berbeda saat perayaan HUT ke 529 Kota Tabanan Tahun 2022 ini. Komunitas Sepeda Ontel Tabanan menyemarakkan HUT Kota Tabanan dengan berkeliling Bali.

Sebanyak 10 pesepeda ontel (Ontelis) berkeliling Bali dengan mengambil start dari Kantor Bupati Tabanan pada, Kamis (10/11). Mereka dilepas oleh Asisten II Setda Kabupaten Tabanan I Wayan Kotio.

Sesuai rencana mereka akan kembali sampai di Tabanan pada, Minggu (13/11) nanti. Sesampai di Tabanan mereka akan disambut 300 orang pesepeda ontel. Menariknya saat kedatangan para ontelis yang berkeliling Bali ini, Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya bersama Wakil Bupati Tabanan I Made Edi Wirawan serta pejabat lainnya akan ramai-ramai ikut naik sepeda menuju Gedung Kesenian I Ketut Maria dari Kantor Bupati Tabanan.

Koordinator Panitia Bersama Sepeda Ontel Tabanan, Martinus Parera mengatakan safari keliling Bali ini dilaksanakan untuk memeriahkan HUT ke 529 Kota Tabanan. Selain itu ikut mempersembahkan kegiatan untuk kota Tabanan. "Karena dalam safari keliling Bali ini kita juga bawa kanvas untuk menuliskan ucapan selamat ulang tahun oleh masing-masing kepala daerah di Bali yang ditemui. Nantinya ucapan ini kita serahkan ke Bupati Tabanan setiba kembali di Tabanan tepatnya di Gedung Kesenian I Ketut Maria," jelasnya.

Tak hanya itu, kata Martinus Parera safari keliling Bali ini ingin menggemakan bahwa naik sepeda ontel itu tak harus malu, tapi malah unik. "Kita juga ingin melestarikan karena sepeda ontel ini warisan leluhur. Jadi bagi sepeda ontelnya yang ada di gudang digantung saja, sekarang ambil dan mari senang-senang," ajaknya.

Menurut Martinus, kegiatan keliling Bali akan diambil dalam waktu tiga hari. Setelah dilepas di Kantor Bupati Tabanan, Kamis kemarin peserta akan menuju wilayah Kabupaten Jembrana, kemudian menuju Kabupaten Buleleng. Setelah itu menuju Kabupaten Karangasem, Bangli, kemudian menuju Klungkung, Gianyar, Kota Denpasar, Badung dan kembali lagi ke Tabanan.

"Sampai Tabanan tanggal 13 November kita perkirakan sampai pukul 08.00 Wita di Pos Polisi Dakdakan wilayah Abiantuwung, Kediri. Di sana kita disambut 300 pesepeda ontel. Dan setelah itu kita akan menuju Kantor Bupati Tabanan dan bersama-sama ke Gedung Maria bersama Pak Bupati, Wakil Bupati dan pejabat lainnya dengan naik sepeda ontel," beber Martinus Parera.

Dalam keliling Bali ini mereka akan istirahat menyesuaikan medan. Artinya tidak sampai mencari tempat mewah melainkan memanfaatkan masjid ataupun bale banjar untuk istirahat sejenak. "Kita istirahat menyesuaikan tempat saja, kami berharap mudah-mudahan ini lancar," harapnya.  Sementara mewakili Pemkab Tabanan, Asisten II Setda Kabupaten Tabanan, I Wayan Kotio, memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas semangat yang ditunjukkan para Ontelis dalam menyambut perayaan HUT ke-529 Kota Tabanan. Dia berharap, para Ontelis yang melakukan Safari Keliling Bali agar selalu menjaga kesehatan, selalu berhati-hati dan tertib berlalu lintas di jalan, sehingga selamat dan sehat sampai tujuan. “Utamakan keselamatan di jalan,” ujar Kotio. *des

Komentar