nusabali

Pemuda Katolik Denpasar Tebarkan Jala dan Sebarkan Kasih Bagi Sesama

  • www.nusabali.com-pemuda-katolik-denpasar-tebarkan-jala-dan-sebarkan-kasih-bagi-sesama

DENPASAR, NusaBali.com - Sebagai organisasi kepemudaan nasional bernafaskan ajaran Katolik yang memegang teguh prinsip Pancasila, kepengurusanPemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) Denpasar diharapkan untuk terus menebarkan jalan dan sebarkan kasih bagi sesama.

"Karena kita hidup di negeri yang terdiri dari berbagai macam etnis, suku, ras dan perbedaan agama, maka dari itu saya tekankan untuk setiap kader selalu menjunjung tinggi pluralisme dan kebersamaan serta selalu memahami potensi diri," ujar Ketua Pemuda Katolik Komcab Denpasar periode 2022-2025, Richardus AB Dappa, Sabtu (5/11/2022).

Pria yang akrab disapa Ricky ini pun mengingatkan seluruh kader Pemuda Katolik Denpasar, untuk pentingnya memahami potensi diri dari setiap kader.

"Memahami potensi adalah untuk menyadarkan pada setiap kader agar mendalami setiap kemampuan yang dimiliki, serta tentunya kemampuan tersebut dapat dipakai untuk kebermanfaatan bagi pelayanan terhadap bangsa dan negara," jelasnya.

Pernyataan ini sama dengan saat dirinya  dilantik oleh Komisariat Daerah (KomDa) Pemuda Katolik Bali di Sekretariat Flobamora Warung Sang Dewi, Renon, Denpasar pada  Senin (31/10/2022) lalu. 

Lebih lanjut Ricky mengatakan, sebagai organisasi kepemudaan yang taktis dan praktis. Ia menginginkan setiap kader-kader Pemuda Katolik bisa menjadi profesional di bidangnya masing-masing.

"Yang ingin menjadi pengusaha silahkan berusaha, kami siap mensupport melalui pelatihan-pelatihan pengembangan kewirausahaan, begitupun yang tertarik ke dunia politik, kami siap mendukung," terang alumnus Universitas Warmadewa Denpasar ini.

Sementara itu Herman Umbu Billy selaku Ketua Pemuda Katolik Komda Bali yang melantik kepengurusan Pemuda Katolik Denpasar mengatakan, agar semua gerbong kepengurusan yang baru dilantik ini dapat bergerak aktif.

"Semua harus aktif, miliki program dan kegiatan yang jelas dan terarah, tidak boleh ada yang diam dan pasif," tutur pria penulis buku Humba 2045, Revolusi Kognitif Generasi Sumba tersebut.

Apalagi dengan kepengurusan baru yang memiliki empat wakil ketua serta empat koordinator bidang dan empat biro, Herman Umbu berharap semuanya saling bersinergi.

Senada dengan hal tersebut, menurut Rohaniawan Katolik RD. Yustinus Kurniawan Karwayu yang menjadi Pastor Moderator Pemuda Katolik Denpasar berpesan, agar sinergi tersebut juga jangan melupakan untuk menebarkan jala sebagaimana yang tertuang dalam tema pelantikan.

"Kita kerap kali selalu ingin bertolak dan terus bertolak lebih dalam atau dalam bahasa latin Duc In Altum,  tapi kita lupa untuk tebarkan jala," pesan Pastor  Paroki Gereja St Petrus Monang Maning, Denpasar ini.

"Menebarkan jala merupakan tujuan utama dari sebuah perjalanan," ajak Yustinus Kurniawan Karwayu. *aps

Komentar