nusabali

Bule Jadi Manajer tanpa Visa Kerja

  • www.nusabali.com-bule-jadi-manajer-tanpa-visa-kerja

Seorang bule berkewarganegaraan Jerman, diketahui bekerja sebagai manajer restoran tanpa visa kerja.

Ditemukan di Sebuah Restoran di Gerokgak

 
SINGARAJA, NusaBali
Bule bernama Thomas Beirmann itu hanya berbekal visa keluarga, karena istrinya orang lokal. Thomas Beirmann, kelahiran Duisburg, 23 November 1966 itu diketahui bekerja di sebuah restoran yang berada di wilayah wisata, Banjar Dinas Gondol, Desa Penyabangan, Kecamatan Gerogak.

Thomas hanya memiliki Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS) Bernomor 2C21SBO101-P yang dikeluarkan oleh Imigrasi tanggal 19 Juni 2015. Thomas terjaring dalam operasi yang digelar oleh Satuan Linmas Kecamatan Gerogak, Jumat (5/5).

Kasatlinmas Trantib Kecamatan Gerokgak Gede Gunakaya Susila SP mengatakan Thomas bekerja sebagai manajer restoran milik orang local bernama Gusti Ngurah Pinda. “Setelah kita tanyakan dan periksa izin kerjanya, ternyata yang bersangkutan tidak mampu menunjukkan. Orang asing itu hanya punya visa keluarga. Kalau visa kerja kan bisa diperpanjang, dengan keluar negeri. Tapi visa kerja ini mutlak harus dimiliki karena yang bersangkutan tercatat sebagai manajer,” terangnya.

Menurut Kasatlinmas Trantib Gunakaya, temuan itu merupakan pelanggaran Perda Nomor 4 Tahun 2014, tentang mempekerjakan tenaga asing. Pelanggaran ditujukan kepada pemilik restoran karena tidak melengkapi izin mempekerjakan orang asing. Terhadap pemilik restoran, Gunakaya mengaku sudah memberi peringatan agar segera mengurus izin mempekerjakan orang asing. “Tadi pemilik restoran sudah membuat surat pernyataan, untuk melengkapi izin mempekerjakan orang asing,” ungkapnya.

Selain itu pihaknya juga segera berkoordinasi dengan pihak imigrasi untuk menentukan langkah selanjutnya. Karena pihak imigrasi dianggap memiliki kewenangan dalam pengawasan orang asing. *k19

Komentar