nusabali

Liverpool Susul City dan Chelsea

Spurs Tunggu Laga Terakhir untuk Lolos 16 Besar

  • www.nusabali.com-liverpool-susul-city-dan-chelsea

AMSTERDAM, NusaBali
Liverpool meraih tiket 16 besar setelah mengalahkan tuan rumah Ajax Amsterdam, 0 pada laga ke-5 Grup A Liga Champions, di Amsterdam Arena, Kamis (27/10) dinihari WITA.

Liverpool menyusul dua tim Inggris lainnya yang ke 16 besar, Manchester City dan Chelsea. Sedangkan Tottenham Hotspur harus bertempur sampai akhir fase grup, usai ditahan Sporting Lisbon 1-1.

Tiga gol Liverpool dicetak Mohammed Salah, Darwin Nunez, dan Harvey Elliot. Laman resmi UEFA menyebutkan, kemenangan itu membuat The Reds lolos ke 16 besar dengan di peringkat ke-2 grup dengan perolehan 12 poin, unggul jauh dari Ajax di posisi ketiga dengan 3 poin.

Pekan depan, menjadi laga terakhir Liverpool dan dimainkan di Anfield. Karena itu, Liverpool berpeluang menang dan menyamai angka Napoli 15 poin. Jika skenario itu terjadi maka status juara grup akan ditentukan berdasarkan rekor head-to-head, tapi kedua tim sama-sama saling mengalahkan.

Napoli pernah mengalahkan Liverpool 4-1 pada matchday pertama. Jadi, jika ingin jadi juara grup, Liverpool harus menang dengan selisih empat gol dan mengungguli selisih gol Napoli +16.

Skenario tersebut dipahami skuad The Reds. Andrew Robertson tahu laga kontra Napoli akan jadi pembuktian Liverpool setelah tampil mengecewakan di Italia. Masih ada harapan untuk Liverpool untuk mengalahkan Napoli.

"Tidak pernah mudah memasuki laga terakhir dengan kebutuhan untuk menang atau raihan poin. Jadi, selalu memuaskan berhasil lolos [ke 16 besar] dengan satu laga sisa," ujar Robertson.

Sementara itu, Tottenham Hotspur harus menunggu sampai laga terakhir fase grup untuk memastikan lolos ke 16 besar Liga Champions 2022-2023.  Spurs, julukan Tottenham, sejatinya punya peluang mengamankan 16 besar Liga Champions lebih awal saat menjamu Sporting CP di Stadion Tottenham Hotspur, Kamis dinihari WITA. Harry Kane membobol gawang Sporting CP pada menit ke-90+5. Namun, wasit memutuskan gol tidak sah usai memantau VAR (Video Assistant Referee), dan Kane dinilai offside.

Tottenham saat ini di posisi teratas dengan 8 poin, unggul atas Sporting dan Eintracht Frankfurt di peringkat 2-3 dengan 7 poin.  Marseille di dasar klasemen dengan enam poin.  Situasi klasemen Grup D membuat keempat tim punya peluang lolos ke 16 besar.  

Dilansir dari ESPN, Tottenham harus menang di kandang Marseille pada matchday terakhir fase grup pekan depan. Demikian juga Sporting dan Frankfurt harus saling mengalahkan. *ant

Komentar