nusabali

Petani Bakal Dapat Insentif

  • www.nusabali.com-petani-bakal-dapat-insentif

MANGUPURA, NusaBali
Pemerintah Kabupaten Badung berencana memberikan insentif kepada petani di Gumi Keris.

Pemberian insentif ini guna memajukan petani yang sekaligus memantik minat generasi muda untuk menjadi petani.

Pemkab Badung pun saat ini sedang melakukan kajian bentuk pemberian insentif kepada petani, apa dalam bentuk bantuan saat gagal panen atau bebas pajak. “Yang jelas sedang kita kaji dari aspek aturan dan kita akan siapkan dulu rancangan produk hukumnya,” tegas Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung I Wayan Wijana, Rabu (26/10).

Menurut Wijana, poruduk hukum yang akan memayungi pemberian insentif kepada petani saat ini masih digodok dengan pihak terkait. “Apakah nanti berupa Perda atau Perbup, belum bisa dipastikan. Intinya sedang kita kaji,” tegasnya.

Sebelumnya, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta juga mewacanakan pemberian insentif kepada petani. Hal tersebut diungkapkan Bupati Giri Prasta di sela roadshow penyaluran hibah dan bantuan keuangan khusus (BKK) untuk kecamatan se-Badung, belum lama ini.

Menurut Giri Prasta, program tersebut masih sedang dirancang. Pihaknya sudah meminta Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa untuk mengkaji perihal tersebut. “Dalam hal ini kita berbicara masalah sektor unggulan, yakni pariwisata. Tetapi jangan dilepas sektor masalah pertanian. Dengan adanya program pemberian insentif ini diharapkan bisa mendongkrak (keinginan) generasi muda untuk menjadi petani,” ujar Giri Prasta.

Untuk sektor pertanian, bupati asal Desa Pelaga, Kecamatan Petang ini menegaskan sudah membenahi sejumlah bendungan, irigasi dan juga jalan usaha tani (JUT). Setelah infrastruktur pertanian dibenahi untuk selanjutnya pemberian insentif kepada petani harus dipikirkan. “Jadi yang paling prinsip yang harus kita lakukan, yakni pemberian insentif. Ini keluar dari zona nyaman dan kami harus bisa lakukan itu. Kami juga harus memberikan bantuan kepada petani, seperti jika ada gagal panen dan bebas pajak,” kata Ketua DPC PDIP Badung ini.

Bupati Giri Prasta juga mengakui jika insentif itu merupakan motivasi, sehingga generasi muda mau menjadi petani. Dengan begitu ada masyarakat yang bercita-cita sebagai petani. *ind

Komentar