nusabali

Laskar Bali Shanti Sinyal Dorong GP 2024

  • www.nusabali.com-laskar-bali-shanti-sinyal-dorong-gp-2024
  • www.nusabali.com-laskar-bali-shanti-sinyal-dorong-gp-2024

MANGUPURA, NusaBali.com – Ketua Umum DPP Laskar Bali Shanti (LBS) AA Ketut Suma Wedanta memberikan sinyal mendorong dan mendukung I Nyoman Giri Prasta (GP) untuk kontestasi politik tahun 2024.

Sinyal ini disampaikan Ketua Umum DPP LBS yang akrab dipanggil Gung Alit ini dalam perayaan HUT Ke-22 LBS di Gedung Budaya Giri Nata Mandala, Puspem Badung Mangupraja Mandala, belum lama ini.

Perayaan HUT LBS tersebut, Gung Alit menyebutnya sebagai hari yang bersejarah lantaran dua organisasi kemasyarakatan besar yang berbasis kepemudaan di Bali, yakni LBS dan Baladika Bali yang sebelumnya dikenal bersitegang bisa duduk di ruangan yang sama dan merayakan hari jadi LBS.

“Mulai detik ini tidak ada lagi perbedaan di antara kita Laskar Bali Shanti dan Baladika. Baladika sakit, Laskar Bali sakit. Baladika tersenyum, Laskar Bali tersenyum,” tegas Gung Alit di hadapan simpatisan serta anggota LBS dan Baladika Bali.

Pada kesempatan ini pula, I Nyoman Giri Prasta didapuk menjadi Ketua Dewan Pengawas aliansi yang dibentuk oleh LBS dan Baladika ini, yaitu Aliansi Bali Angunggah Shanti. Sebagai bagian dari struktur aliansi, Giri Prasta diberikan kedudukan terhormat dan diberikan predikat sebagai ‘pimpinan’.

“Memasuki tahun politik 2024, berbagai cara dilakukan pihak ketiga untuk memecah belah kita. Jangan sampai hal itu terjadi. Kita harus memperkuat militansi dan persatuan,” ujar Gung Alit mengingatkan.

Gung Alit berpesan agar para anggota aliansi jangan sampai diusik oleh orang yang tidak bertanggung jawab, dimanfaatkan menjadi relawan pihak tertentu dan akhirnya memecah belah suara di akar rumput.

“Jangan ke sana. Tetap di wilayah aliansi! Siapa tahu kalau ada salah satu pimpinan kita yang maju, kita harus dukung, harus siap dukung,” kata Gung Alit yang juga Wakil Ketua Dewan Pengawas I Aliansi Bali Angunggah Shanti.

Gung Alit mencontohkan pimpinan tersebut semisalnya sang Ketua Dewan Pengawas Giri Prasta. Secara lugas Gung Alit menyampaikan apabila Bupati Badung dua periode itu memutuskan maju ke Bali Satu di tahun 2024, maka seluruh anggota aliansi harus siap mendukung.

“Contoh nih, Pak Nyoman Giri Prasta, siapa tahu nanti 2024 ikut nyalon gubernur, kita harus kawal. Betul? Siap? Saya yang akan membawa benderanya saudara-saudara sekalian,” cetus Gung Alit.

Sebagai Wakil Ketua Dewan Pengawas I Aliansi Bali Angunggah Shanti, Gung Alit mendorong seluruh anggota untuk mulai menyebarluaskan ketokohan siapa pun bagian dari aliansi yang maju di tahun politik nanti.

Menanggapi pernyataan Gung Alit, Giri Prasta belum memberikan jawaban yang eksplisit dan tegas. Bupati Badung asal Pelaga, Kecamatan Petang ini hanya menanggapi secara simbol dan implisit saja.

“Saudara-saudara meragukan komitmen saya terhadap Laskar Bali Shanti? Lihat ini (seragam LBS) ada Trisula di dada. Artinya Giri Prasta berkomitmen secara lahir batin,” ungkap Giri Prasta sembari melepaskan jaket yang ia kenakan.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Badung ini menyatakan bahwa sebagai bagian dari aliansi, ia mempercayakan arah gerakan kepada pimpinan Aliansi Bali Angunggah Shanti. Giri Prasta menyebut hal ini sebagai ‘one komando’ dan bentuk komitmen terhadap aliansi.

“Saya tidak akan pernah meninggalkan kawan-kawan seperjuangan karena kita adalah pejuang demokrasi bukan hanya penikmat. One komando. Saya bagian dari Laskar Bali Shanti, saya bagian dari Baladika. Saya mengikuti Ajik Suma untuk mengarahkan kita ke depan,” ucap Giri Prasta yang disambut tepuk tangan anggota aliansi se-Bali yang hadir.

Giri Prasta menambahkan bahwa saat ini citra ormas kepemudaan seperti LBS dan Baladika sudah tidak seperti masa lalu. Pernyataan ini ia sampaikan lantaran, menurut Giri Prasta, sudah banyak kegiatan sosial kemasyarakatan yang dilakukan aliansi dan mampu membentuk citra yang lebih baik ke depan. *rat

Komentar