nusabali

Badung Raih Anugerah Layanan Investasi Tahun 2022

Hingga Oktober 2022, Investasi Masuk Rp 7,3 Triliun

  • www.nusabali.com-badung-raih-anugerah-layanan-investasi-tahun-2022

MANGUPURA, NusaBali
Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’arif Amin memberikan penghargaan tertinggi berupa ‘Anugerah Layanan Investasi (ALI) Tahun 2022’ kepada Pemkab Badung atas Penilaian Kinerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Percepatan Pelaksanaan Berusaha (PPB) dengan kinerja sangat baik.

Penghargaan diterima langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Badung I Wayan Adi Arnawa didampingi Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) I Made Agus Aryawan.

Anugerah Layanan Investasi (ALI) diberikan kepada Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota yang masuk dalam nominasi tiga PTSP terbaik di Indonesia. ALI diberikan kepada Pemkab Badung di Hotel Fairmont Jakarta, pada Rabu (12/10) lalu.

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin dalam pidatonya menyampaikan, sampai saat ini Indonesia dinilai sebagai salah satu negara yang mampu mengandalikan pandemi Covid-19. Investasi disebut sebagai tulang punggung perekonomian bukan sekadar bisa menciptakan lapangan kerja dan memproduksi barang jasa, namun investasi juga menjadi urusan vital saat keberadaannya dapat menopang keberlanjutan pembangunan, menciptakan nilai tambah, mendorong keadilan ekonomi dan bahkan membantu mewujudkan demokrasi ekonomi.

Sementara, Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia, mengatakan pemberian penghargaan ALI 2022 ini merupakan amanat dari Perpres Nomor 42 Tahun 2020 tentang Pemberian Penghargaan dan/atau Pengenaan Sanksi Kepada Kementerian Negara/Lembaga dan Pemerintah Daerah. “Jadi Perpres ini mengamanatkan untuk menilai kinerja Kementerian/Lembaga dan Kepala Daerah khususnya terkait percepatan pelayanan investasi,” kata Bahlil.

Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa didampingi Kadis PMPTSP Agus Aryawan mengatakan, ALI 2022 ini diberikan kepada Pemkab Badung lantaran meraih penghargaan Terbaik III Kategori Pemerintah Kabupaten untuk Dinas PMPTSP atas kinerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu sekaligus juga Kinerja Percepatan Pelayanan Berusaha di Kabupaten Badung tahun 2022. “Dengan penghargaan ini ke depan khususnya Dinas PMPTSP Badung tetap termotivasi untuk lebih meningkatkan pelayanannya dalam rangka mendorong investasi, sehingga diharapkan investasi semakin meningkat,” ujarnya.

“Saya berharap kepada seluruh jajaran, baik itu OPD terkait agar tetap melakukan sinergitas dengan Dinas PMPTSP dalam rangka memberikan pelayanan,” harap Adi Arnawa.

Kadis PMPTSP Badung I Made Agus Aryawan mengucapkan terima kasih atas penghargaan ALI Tahun 2022 yang diberikan oleh Wakil Presiden. “ALI ini merupakan suatu bentuk apresiasi yang bisa memberikan motivasi dan mendorong kami untuk terus berupaya meningkatkan investasi serta memberikan pelayanan terbaik kepada pelaku usaha atau investor,” ujarnya.

Masih menurut Agus Aryawan, Kabupaten Badung sebagai destinasi pariwisata sangat menarik untuk tujuan investasi. Tahun 2021 investasi yang masuk ke Badung mencapai Rp 14 triliun dan tahun 2022 ini sudah mencapai Rp 7,3 triliun. “Mudah-mudahan sampai akhir Desember nanti bisa mencapai Rp 10 triliun. Meskipun target kami dari provinsi menetapkan Rp 5,2 triliun, tapi kami tetap optimis dan berusaha meningkatkan investasi di atas target yang ditetapkan,” ucapnya sembari menyebut investasi yang masuk akan berdampak positif terhadap perekonomian daerah dan juga membuka lapangan kerja. *ind, asa

Komentar