nusabali

Walikota Jaya Negara Sebut CFD Upaya Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

  • www.nusabali.com-walikota-jaya-negara-sebut-cfd-upaya-tingkatkan-ekonomi-masyarakat

DENPASAR, NusaBali
Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara mengatakan pembukaan kembali kegiatan hari bebas kendaraan atau car free day (CFD) setelah vakum selama sekitar 2 tahun akibat pandemi Covid-19, tidak hanya baik buat kesehatan, namun sekaligus meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Mudah-mudahan dengan dibukanya CFD ini bisa memulihkan kita semua, dari sisi kesehatan dan ekonomi. Ini untuk memotivasi kita bangkit kembali,” kata Walikota Jaya Negara saat membuka CFD di Lapangan Puputan Margarana, Niti Mandala, Denpasar, Minggu (18/9).

Selain di kawasan Jalan Raya Puputan, kawasan Niti Mandala, penyelenggaraan CFD juga berlangsung di Taman Kota Lumintang, Denpasar Utara.

Walikota Jaya Negara menambahkan selain berolahraga, juga akan banyak UMKM lokal yang berjualan di sekitar area CFD.

Oleh karena itu, perputaran ekonomi UMKM akan kembali bisa bangkit perlahan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

Menurut Walikota Jaya Negara, CFD kembali diaktifkan setelah melihat situasi pandemi Covid-19 mulai melandai dan tertangani dengan baik. Selain itu, capaian vaksinasi penguat (booster) sudah 100 persen.

“Saya melihat di beberapa kota besar seperti Jakarta, Surabaya juga sudah dimulai CFD. Seminggu yang lalu sudah coba cek situasi. Hari ini (Minggu kemarin) dibuka CFD, sehingga masyarakat bisa melaksanakan olahraga pagi, bersepeda, dan aktif di lapangan ini,” ujarnya.

Walikota Jaya Negara didampingi Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa dan pimpinan OPD Kota Denpasar membuka CFD ditandai dengan pelepasan burung merpati dan bersepeda mengelilingi Lapangan Puputan Margarana. Hadir pula Sekda Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana, Kadis Perhubungan Kota Denpasar Sriawan, dan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Dewa Gede Rai.

“Kami berharap warga Denpasar yang suka bersepeda, jalan maupun jogging bisa memanfaatkan kembali CFD ini dan bisa berbelanja juga di stan-stan kuliner UMKM usai berolahraga dengan tetap menjaga kebersihan dan protokol kesehatan,” tandas Walikota Jaya Negara.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Denpasar I Ketut Sriawan, mengatakan dari uji coba yang dilakukan pada Minggu (11/9) lalu, pelaksanaan CFD berjalan dengan baik. Oleh karena itu pihaknya memutuskan untuk membuka CFD ini dan terus digelar setiap hari Minggu pagi.

Pelaksanaan kembali CFD ini untuk mengajak masyarakat berolahraga sehingga tercipta Denpasar sehat. Selain itu juga bertujuan untuk mengurangi polusi udara. Dalam pelaksanaan selanjutnya pihaknya akan terus melakukan penjagaan dengan melibatkan berbagai stakeholder.

Untuk petugas yang melakukan penjagaan di Lapangan Puputan Margarana sebanyak 60 orang dari kepolisian, Dinas Perhubungan, hingga desa setempat yakni Sumerta Kelod. “Sementara di Lumintang dikerahkan sebanyak 15 personel,” ucap Sriawan. *ant, mis

Komentar