nusabali

Gempa 5,8 SR Berpusat di Nusa Dua, Getaran Terasa Seluruh Bali

  • www.nusabali.com-gempa-58-sr-berpusat-di-nusa-dua-getaran-terasa-seluruh-bali

MANGUPURA, NusaBali.com - Gempa bumi dengan kekuatan 5,8 Skala Richter (SR) mengguncang Pulau Dewata pada Senin (22/8/2022) sore.

Gempa tersebut berpusat di 74 Km arah Tenggara Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, Badung getarannya sangat terasa hingga seluruh Bali. Belum diketahui secara pasti kerusakan yang ditimbulkan. Namun Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar menyebut gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Kepala Bidang Data dan Informasi BBMKG Wilayah III Denpasar I Nyoman Gede Wirajaya menerangkan gempa tersebut terjadi pada Senin pukul 16.36 Wita. Adapun pusat gempa terjadi pada 9.36 Lintang Selatan (LT), 115.59 Bujur Timur (BT) pada kedalaman 124 Km. "Dari data yang kita peroleh, gempa tersebut kekuatan 5,8 SR," terangnya

Untuk lokasi gempa bumi, terjadi 74 Km Tenggara Nusa, 87 Km Tenggara Denpasar, 93 Km Tenggara Klungkung, 95 Km Tenggara Gianyar. Gempa tersebut getarannya sangat terasa di sejumlah wilayah. Terkait potensi tsunami, Wirajaya mengaku gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. "Gempa tidak berpotensi tsunami. Masyarakat diharapkan tidak panik," harapannya.

Ihwal kerusakan yang terjadi, Wirajaya mengaku sejauh ini belum menerima laporan terkait kerusakan. Meski demikian, dia berharap sejumlah stakeholder dan masyarakat turut serta melaporkan jika ada kerusakan yang ditimbulkan. "Sampai saat ini belum ada laporan (Kerusakan,red). Kami masih terus memantau dan menganalisa," pungkasnya. *dar

Komentar