nusabali

Bali Tuan Rumah GFNY Championship Asia 2022, Target 2.000 Peserta

  • www.nusabali.com-bali-tuan-rumah-gfny-championship-asia-2022-target-2000-peserta

DENPASAR, NusaBali.com – Ajang road bike Gran Fondo New York (GFNY) Championship Asia bakal digelar di Gianyar, Bali, Sabtu (7/8/2022). Sebanyak 2.000 peserta diharapkan mengikuti event internasional tersebut.

“Ajang ini bisa menjadi salah satu upaya membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Bali,” ujar Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati saat menerima audiensi panitia GFNY, Senin (1/8/2022).

Sebelumnya GFNY pernah diselenggarakan tahun 2016 dan 2017 di Lombok, selanjutnya 2018 di Samosir Sumatera Utara.  Namun penyelenggaraan pada 2020 tidak terlaksana akibat pandemi Covid-19.

“GFNY Bali 2022 menargetkan 2.000 peserta dari dalam dan luar negeri. Karena jumlah peserta selalu bertambah, dari awalnya 700 menjadi 1.700 peserta baik lokal maupun internasional,” kata  Panitia Acara Endra. “Adapun peserta terbaik akan diberangkatkan ke New York, AS, untuk mengikuti World Championship tahun 2023 mendatang,” imbuhnya.

Wagub Cok Ace meminta panitia melakukan persiapan dengan sebaik-baiknya termasuk memilih rute yang bagus yang akan dilewati para peserta, baik dilihat dari segi karakteristik wilayah maupun keadaan jalannya. 

Selain itu, Wagub juga meminta panitia, selain membuka pendaftaran melalui web, juga menggencarkan pengumuman di beberapa titik wilayah wisata di Bali, sehingga dapat diikuti oleh wisatawan yang kebetulan sedang berlibur di Bali. 

“Saya berharap acara ini dapat berjalan dengan baik dan memberikan dampak positif dalam perkembangan pariwisata dan ekonomi Bali,” harapnya.  

GFNY adalah Seri Maraton olahraga sepeda berskala Internasional yang diadakan di 19 negara dengan total 30.000 peserta per tahun yang terbagi menjadi kejuaraan regional di beberapa negara berbeda dan kejuaraan dunia di New York. GFNY Indonesia merupakan bagian dari GFNY World Series yang sudah terselenggara sejak tahun 2016. 

Peserta dari seluruh Indonesia dan mancanegara seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Hongkong, Inggris, Prancis, Italia, AS dan beberapa negara lainnya diharapkan  dapat menggerakkan kembali perekonomian di Indonesia dan Bali pada khususnya. 

Dampak ekonomi yang dapat dihasilkan dengan melibatkan banyak sektor terkait mulai dari penerbangan, industri perhotelan, Usaha Mikro Kecil Menengah lokal termasuk restoran, cenderamata dan UMKM lainnya.

“Besar harapan kami agar GFNY Bali Element Camp 2022 turut serta berperan dalam menstimulus sektor industri pariwisata yang mana kita tetap bisa saling terhubung, saling berbagi, saling belajar, dan saling mendukung pertumbuhan bisnis, serta bersama-sama mengakselerasi pertumbuhan ekonomi melalui sektor pariwisata Indonesia. Dukungan dan kerja sama dari semua pihak baik pemerintah pusat, daerah, instansi terkait serta pelaku-pelaku industri sangatlah kami apresiasi,” papar Endra.

Rute GFNY Bali terbagi menjadi dua, yaitu long (137km) dan medium (102km) melewati pesisir pantai dan area gunung. Untuk menambah semaraknya acara akan digelar juga Bike Expo pada 5-7 Agustus di Gianyar dimana akan ada booth-booth dari berbagai macam industri.*ris

Komentar