nusabali

Capaian RAT Koperasi di Tabanan Rendah

  • www.nusabali.com-capaian-rat-koperasi-di-tabanan-rendah

TABANAN, NusaBali - Capaian Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2021 rendah. Sesuai data per 21 Juni 2022 koperasi yang sudah RAT baru di angka 243 atau hanya sebesar 63,12 persen dari 385 koperasi aktif yang wajib RAT

Data Dinas Koperasi dan UKM (Diskop) Tabanan mencatat, daerah lumbung pangan ini setidaknya mengantongi total 573 koperasi. Dari jumlah tersebut koperasi berstatus aktif dan wajib RAT sebanyak 385, sedangkan koperasi tidak aktif 163, dan koperasi baru berdiri sehingga belum wajib menggelar RAT tercatat 25 koperasi.

Sementara dari 10 kecamatan, koperasi di wilayah Pupuan capaian RAT -nya paling rendah. Dari total jumlah koperasi 13 unit usaha hanya sebesar 38,46 persen atau hanya 5 koperasi saja yang sudah menggelar RAT hingga periode 21 Juni 2022. Dan koperasi yang sudah menggelar RAT 100 persen ada di di Kecamatan Selemadeg Barat sebanyak 11 koperasi dan kecamatan yang lain belum ada yang menggelar RAT 100 persen. 

Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Tabanan, I Wayan Sukanrayasa mengatakan, rendahnha capaian RAT ini akan segera dievaluasi. Apakah koperasi yang tidak melaksanakan RAT sudah tidak aktif atau ada permasalahan sehingga menyebabkan kondisinya kurang sehat. "Kita akan lakukan evaluasi mengenai hal ini," ujar Sukanrayasa, Sabtu (16/7). 

Dikatakan RAT ini wajib dilakukan. Bahkan sekarang karena perekonomian sudah mulai bangkit tidak ada toleransi bagi koperasi yang tidak menggelar RAT. Apabila sebanyak 3 kali secara berturut-turut tidak melaksanakan RAT maka koperasi yang bersangkutan dikatakan sudah tidak aktif. "Tidak ada toleransi lagi seperti saat Covid-19 melanda. Batas tiap tahun untuk menggelar RAT bulan Maret," jelas Sukanrayasa. 7des

Komentar