nusabali

Yang Tidak Daftar Ulang Otomatis Gugur

Hasil Seleksi PPDB SMA/SMK Diumumkan

  • www.nusabali.com-yang-tidak-daftar-ulang-otomatis-gugur

Siswa yang dinyatakan lulus seleksi namun tidak mendaftar ulang, otomatis dinyatakan gugur. Kuota yang ditinggalkan akan dikosongkan, tidak akan diisi oleh peserta lainnya.

DENPASAR, NusaBali

Hasil seleksi penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMA/SMK negeri di Bali diumumkan serentak pada Senin (4/7) secara online. Calon peserta didik yang lolos seleksi selanjutnya wajib melakukan pendaftaran ulang, sementara bagi yang belum lolos bisa melanjutkan pendidikan di sekolah swasta.

Pendaftaran ulang dilaksanakan secara online pada 5-7 Juli 2022. Peringatan bagi calon peserta didik yang dinyatakan lulus namun tidak melakukan pendaftaran ulang, akan otomatis dinyatakan gugur.

Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Denpasar Drs Ida Bagus Sueta Manuaba  MPd, mengatakan pengumuman hasil seleksi PPDB SMA dilakukan serentak pada pukul 14.00 Wita secara online. “Secara resmi pengumuman bisa dilihat pukul 14.00,” kata Manuaba, ditemui pada Senin kemarin.

Manuaba yang juga Ketua MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) SMA se-Kota Denpasar, menuturkan SMAN 2 Denpasar mendapatkan kuota peserta didik baru sebanyak 328 siswa. Dari kuota sebanyak itu, dua jalur tidak memenuhi kuota yakni jalur afirmasi (afirmasi dan inklusi) dan jalur perpindahan tugas orangtua.

Jalur afirmasi yang total mendapatkan kuota sebanyak 43 kursi hanya menerima 20 siswa baru. Sementara jalur perpindahan tugas orangtua yang mendapat kuota 16 siswa hanya menerima 13 orang siswa. Kekurangan pada dua jalur tersebut, sesuai aturan maka dilimpahkan kepada jalur nilai rapor (prestasi). Sehingga SMAN 2 Denpasar genap menerima siswa baru lolos seleksi sebanyak 328 orang. Sebelumnya ada sekitar 1.400 pendaftaran siswa baru yang masuk.

Manuaba mengingatkan, bagi siswa yang telah dinyatakan lulus seleksi namun tidak melakukan pendaftaran ulang maka otomatis dinyatakan gugur. Kuota yang ditinggalkan, lanjut Manuaba, pun menjadi kosong dan tetap tidak akan diisi oleh peserta lainnya.

“Kami diminta (oleh Disdikpora Bali) membiarkan saja, tidak boleh kami yang mengisi,” ungkap Manuaba. Manuaba menyebut, pendaftaran ulang dilakukan secara online namun pihaknya siap menerima siswa yang datang langsung ke sekolah.

Terpisah, Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Denpasar Drs I Dewa Bagus Ketut Wartawan, pun mengatakan pengumuman seleksi PPDB siswa SMK sudah bisa dilihat secara online mulai pukul 14.00 Wita pada Senin (4/7). SMKN 2 Denpasar menerima murid baru sebanyak 321 siswa, sesuai dengan jumlah kuota yang diberikan. Sementara jumlah pendaftar yang masuk ada sekitar 1.000 siswa.

Siswa yang lolos seleksi terdiri dari jalur afirmasi dan inklusi sebanyak 42 siswa, jalur zonasi dan pindah tugas orangtua sebanyak 31 siswa, dan jalur sertifikat prestasi dan nilai rapor sebanyak 248 siswa. Para peserta yang lulus seleksi pun diwajibkan melakukan pendaftaran ulang agar resmi diterima.

Dewa Wartawan mengungkapkan beberapa jalur mendapatkan jumlah pendaftar yang lebih kecil dari kuota, sehingga kekurangannya dialihkan untuk menambah siswa yang diterima pada jalur nilai rapor. “Pengumuman lulus seleksi sebenarnya sudah sistem yang berhak, sekolah hanya verifikasi (dokumen) saja,” tutur Wartawan. *cr78

Komentar