nusabali

Disnaker Gianyar Gelar Upgrading IT Tenaga Kerja

  • www.nusabali.com-disnaker-gianyar-gelar-upgrading-it-tenaga-kerja

GIANYAR, NusaBali
Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Gianyar kini intens meningkatkan kapasitas calon tenaga kerja dan tenaga kerja.

Antara lain, menggelar peningkatan kapasitas tenaga kerja dalam bentuk upgrading IT (informasi dan teknologi) di Ruang Utama Kantor Bupati Gianyar, Jumat (27/5) pagi.   Kegiatan diikuti puluhan kaum milenial ini menghadirkan narasumber, wartawan HU NusaBali Drs I Nyoman Wilasa Msi, dengan materi ‘Mentalitas Kita dan Tantangan Bermedia’. Satu lagi, penggiat IT I Putu Eka Yasdika Spd Mpd, dengan materi ‘Desain Grafis’. Acara dibuka Bupati Gianyar Made Mahayastra, diwakili Staf Ahli Bupati, Ida Ayu Surya Adnyani, istri Bupati Gianyar dan dihadiri

Nyoman Wilasa menyampaikan beberapa poin penting, antara lain tantangan berat konsumen IT selama ini pada situasi dimana arus infomasi telah melahirkan kekacauan makna. Bentuknya, campur aduk antara informasi benar tak benar, pantas tak pantas, patut tak patut, dan lainnya. Orang kerap dirumitkan dalam menentukan, mana data otentik dan mana palsu (hoak). Lebih-lebih, setiap orang punya daya potensi untuk berhoak.

‘’Contoh sederhana, siapapun saat berselfie, pasti ingin hasil foto yang tampak lebih cantik dan ganteng, dibandingkan aslinya. Belum lagi, kita menelan begitu saja informasi yang masuk, tanpa mengecek, recek, dan kroscek. Maka hoak pun merajalela,’’ ujar jurnalis senior lulusan Kajian Budaya, Universitas Udayana, Denpasar ini.

Pria asal Desa Bungbungan, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung ini menekankan, ‘jujur pada hati nurani dan kemanusiaan’ adalah frase kunci dalam bermedia. Cara ini penting dipraktikan mulai dari sebatas mengibur diri, hingga membuat konten, berjualan online, dan lain-lain.  

Ida Ayu Surya Adnyani menekankan internet dengan pelbagai turunannya sudah menjadi hal pokok dalam kehidupan masyarakat. Oleh kerena itu, dia menekankan masyarakat terutama kaum milenial untuk berinternet sesuai tatanan norma. ‘’Internet dalam pelbagai platform mesti dimanfaatkan secara arif bijaksana, tepat, serta baik dan benar. Jika tidak, pasti akan membahayakan diri kita dan orang lain,’’ jelasnya.  

Kepala Disnaker Gianyar AA Dalem Jagadita berkeyakinan kualitas masa depan bangsa ini sangat tergantung cara pandang masyarakat, terutama anak-anak muda atau generasi milenial. Oleh karenanya, generasi milenial yang sedemikian masif berinternet, agar memanfaatkan IT sebagaimana tujuan untuk berhasil dan berdaya guna dalam hidup. ‘’Kini sangat banyak pekerjaan yang bisa digarap dengan memanfaatkan pelbagai platform media, antara lain berjualan barang dan jasa secara online,’’ ujarnya. *nvi

Komentar