nusabali

Kunjungan ke Pantai Pandawa Tembus 20.707 Orang

Objek Wisata Sangeh Juga Diserbu Wisatawan

  • www.nusabali.com-kunjungan-ke-pantai-pandawa-tembus-20707-orang

Meski kunjungan meningkat, namun wisatawan tidak datang sekaligus, ada yang datang pagi, siang, dan sore, sehingga tidak terjadi kepadatan di area pantai.

MANGUPURA, NusaBali

Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Pandawa, Desa Adat Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Badung mengalami peningkatan selama libur Lebaran. Dalam catatan pengelola, kunjungan mencapai 20.707 wisatawan selama lima hari, dominan wisawatan domestik (wisdom).

Manager Pengelola Obyek Wisata Pantai Pandawa, I Wayan Letra, mengatakan dalam catatan selama lima hari terhitung dari 29 April 2022 hingga 3 Mei 2022, kunjungan wisdom tembus 20.304 orang, terdiri dari 19.157 dewasa dan 1.147 anak-anak. Selama lima hari itu, dominasi kunjungan memang terjadi di sektor domestik, namun tetap ada wisatawan asing, jumlahnya hanya 403 orang. Dengan demikian total keseluruhan mencapai 20.707 wisatawan.

“Untuk kunjungan lebih banyak wisdom. Tentu ini kaitannya dengan libur Lebaran yang membuat wisdom berdatangan ke Pantai Pandawa,” kata Letra, Rabu (4/5) sore.

Wisatawan sebanyak itu, lanjut Letra, banyak menggunakan kendaraan pribadi, baik sepeda motor maupun mobil. Untuk rinciannya, kata dia, wisatawan yang menggunakan sepeda motor sebanyak 1.540 kendaraan. Kemudian yang menggunakan mobil sebanyak 4.019 kendaraan. Selain itu, ada pula yang menggunakan bus sebanyak 50 bus. “Kalau wisatawan yang datang berkunjung ke Pantai Pandawa itu didominasi oleh wisatawan yang menggunakan mobil pribadi. Jadi, mulai tanggal 2 Mei dan 3 Mei itu sudah ada seribuan kendaraan yang datang,” jelasnya.

Meski tingkat kunjungan meningkat, namun tidak sekaligus alias ada yang datang pagi, siang, dan sore, sehingga tidak terjadi kepadatan di area pantai maupun kepadatan area parkir. Selain itu, tidak ada kerumunan yang terjadi, apalagi saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19. “Kalau kerumunan tentu tidak ada, karena wisatawan yang datang itu tidak sekaligus. Jadi ada yang datang, ada juga yang keluar,” kata Letra.

Sementara, selama libur panjang Lebaran tahun ini, Objek Wisata Sangeh di Kecamatan Abiansemal, juga ramai dikunjungi wisatawan. “Untuk libur Lebaran ini lumayan ada peningkatan kunjungan. Selain wisdom ada juga kunjungan wisman. Sebelumnya, selama pandemi ini cuma kunjungan dari lokal-lokal Bali saja yang datang,” kata Ketua Pengelola Objek Wisata Sangeh, Made Mohon, saat dikonfirmasi terpisah.

Dikatakan, sejak 1 Mei 2022 pengunjung ke objek wisata yang dihuni ratusan kera ini tercatat sebanyak 408 orang, yakni 367 wisdom dan 41 wisman. Sedangkan untuk 2 Mei 2022 sebanyak 438 wisdom dan 39 kunjungan wisman. Sementara untuk 3 Mei 2022, sebanyak 626 kunjungan wisdom dan 52 kunjungan wisman. “Kemarin (3 Mei) yang paling banyak. Kalau hari ini (kemarin) dari rekapan terakhir 250 kunjungan,” jelas Made Mohon.

Masih menurut Made Mohon, kunjungan wisatawan sudah menggeliat sejak awal April 2022. “Malah ketika April kemarin justru wisatawan asing yang dominan,” bebernya.

Meskipun masih belum bisa menyamai jumlah kunjungan di waktu normal sebelum pandemi, namun pihaknya tetap menyukuri dengan jumlah kunjungan saat ini. “Kalau saat normal dulu, kunjungan wisman saja bisa 6.000 orang dalam sebulan. Belum lagi kunjungan domestik. Namun dengan kondisi sekarang kami tetap bersyukur mulai ada kunjungan,” kata Made Mohon. *dar, ind

Komentar