nusabali

Desa Selanbawak, Marga, Gelar Lomba Bapang Barong Se–Bali

34 Pasang Penari Barong Siap Unjuk Kemahiran

  • www.nusabali.com-desa-selanbawak-marga-gelar-lomba-bapang-barong-se-bali

TABANAN, NusaBali
Bertujuan merangsang minat terhadap seni Tari Bapang Barong, Desa Selanbawak, Kecamatan Marga, Tabanan, menggelar Lomba Bapang Barong dan Makendang Tunggal se–Bali pada Sabtu (30/4).

Sebanyak 34 pasang penari barong, termasuk penabuh kendang tunggal, siap unjuk kemahiran.  aKetua Karang Taruna Panca Tunggal Desa Selanbawak I Wayan Agus Andra Atmaja, mengatakan lomba bapang barong bertujuan merangsang munculnya penari-penari bapang barong, khususnya di Tabanan. “Tabanan merupakan ‘rumah barong’, semestinya tak kekurangan penari-penari bapang barong,” ujarnya, Senin (25/4).

Agus Andra menunjuk beberapa pura di Tabanan yang rutin menjadi ‘paruman’ barong-barong duwe sasuhunan. Di antaranya Pura Pucak Luhur  Padang Dawa di Desa/Kecamatan Baturiti, paruman barong di Pura Luhur Natar Sari, Desa Apuan, Kecamatan Baturiti.

Diharapkan dari Lomba Bapang Barong dan Makendang Tunggal, diperoleh bibit-bibit penari bapang barong. Selain itu tentu bertujuan melestarikan seni budaya, khususnya seni Tari Bapang Barong.

“Kami ingin pada Pesta Kesenian Bali (PKB) pada 2023 yang akan datang, Tabanan sudah mampu berpartisipasi dalam acara bapang barong,” kata Agus Andra selaku ketua panitia.

Kata Agus Andra, selama ini Kabupaten Tabanan belum bisa ikut serta dalam agenda Tari Bapang Barong di PKB. Dia memastikan hal itu karena sudah mendapat penjelasan langsung dari Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Tabanan I Wayan Sugatra, ketika menghadap untuk  menyampaikan dan melaporkan kegiatan Lomba Bapang Barong dan Makendang Tunggal Desa Selanbawak tahun 2022 ini.

Karenanya event Lomba Bapang Barong dan Makendang Tunggal  Selanbawak, diharap jadi momen untuk memotivasi dan memacu untuk  mendapatkan calon-calon penari bapang barong dan makendang tunggal untuk Tabanan yang akan ‘diadu’ di PKB 2023.

Sebanyak 34 pasangan penari barong dan makendang tunggal yang  mendaftar dan siap unjuk kemahiran dalam Lomba Barong dan Makendang Tunggal Desa Selanbawak. Para peserta berasal dari Kabupaten Tabanan, Badung, Gianyar, Bangli, Klungkung, dan Kota Denpasar. Pendaftaran peserta sudah tutup. “Ini merupakan yang pertama di Kabupaten Tabanan,” ucap Agus Andra, tentang Lomba Bapang Barong dan Makendang Tunggal Selanbawak 2022.

Perbekel Selanbawak I Made Merta, menyampaikan hal senada. Menurut dia, perencanaan Lomba Bapang Barong dan Makendang Tunggal, direncanakan sebelum pandemi Covid-19. “Namun karena pandemi Covid-19 tertunda, sehingga baru sekarang bisa dilaksanakan,” kata Made Merta.

Selain bertujuan melestarikan Tari Bapang Barong menurut pakem dan pencarian bibit-bibit penari bapang barong, lomba diharapkan semakin membangkitkan taksu Desa Selanbawak, sebagai desa budaya dan pariwisata. “Karena itulah kami, aparat desa, merencanakan dan mendukung event ini,” kata Made Merta. *k17

Komentar