nusabali

Tips Memilih Hosting Gratis Agar Aman untuk Website Anda

  • www.nusabali.com-tips-memilih-hosting-gratis-agar-aman-untuk-website-anda

DENPASAR, NusaBali.com - Website merupakan salah satu channel digital marketing paling efektif untuk Anda manfaatkan. Hanya saja, harga yang perlu dikeluarkan untuk membuat situs cukup menguras kantong, khususnya bagi pemula. Maka, memanfaatkan fitur hosting gratis bisa jadi pilihan utama.

Hosting gratis adalah layanan web hosting tidak berbayar dikhususkan untuk Start Up, atau mereka yang baru memulai usaha online. Layanan ini bisa menjadi solusi untuk penggiat teknologi pemula agar mampu mengembangkan ide kreatif tanpa terbentur persoalan biaya.

Fitur dan fasilitas layanan gratis tidak berbeda dengan hosting berbayar. Yang membedakan yakni dari sisi kapasitas hard disk dan batasan resource. Namun demikian, umumnya free hosting dirancang cukup memenuhi kebutuhan pembuatan website awal.

“Hosting cocok digunakan untuk belajar membuat blog atau website dan mengerti seluk beluknya. Sehingga uang yang dikeluarkan tidak akan terbuang sia-sia karena kesalahan yang bisa dihindari,” demikian ulasan pada laman Zyro hosting gratis.

Kini, sudah banyak penyedia hosting gratis di Indonesia. Namun, sebelum memutuskan memanfaatkan layanan mereka, ada beberapa hal penting yang harus Anda ketahui. Berikut ulasannya.  

Tips Memilih Hosting Gratis yang Tepat

Hosting berbayar memiliki fitur dan keunggulan karena itu yang dibeli oleh pelanggan dari penyedia hosting. Sementara, keunggulan hosting gratis hanya kamu tidak harus mengeluarkan biaya sama sekali untuk menggunakannya. 

Menggunakan hosting gratis untuk jangka panjang memang kurang dianjurkan. Namun jika Anda memang benar-benar tidak memiliki dana lebih untuk membeli sebuah hosting, hal tersebut bukan masalah. Setidaknya ada beberapa langkah agar memastikan Anda mendapatkan layanan yang optimal.

Maka, sebaiknya gunakan hosting gratis untuk keperluan belajar sembari menabung untuk beli layanan berbayar. Sehingga, Anda bisa tahu banyak hal mengenai website seperti wordpress, cpanel, domain, dan lainnya.

Dengan kehadiran penyedia hosting gratis yang begitu banyak, Anda mungkin kebingungan saat menentukan pilihan. Agar Anda tidak menyesal di kemudian hari, berikut berikut tips untuk memilih hosting yang tepat.

Pilih Perusahaan Penyedia Terpercaya

Kendati Anda memilih layanan gratis, namun Anda tetap wajib mengutamakan untuk mendapatkan pelayanan dari perusahaan yang menjaga komitmennya.  Minimal, jika terjadi apa-apa dengan website yang kamu miliki, perusahaan masih bisa dihubungi lewat email atau live chat. 

Pahami Kebutuhan

Pahami kebutuhan Anda, ketahui  apa tipe website yang ingin dibuat. Berapa traffic yang ingin Anda dapatkan selama satu bulan dan lain-lain. Pilih hosting yang dapat memenuhi kebutuhan sesuai standar Anda. 

Customer service

Apabila Anda adalah seorang pemula di dunia website, hal ini justru sangat penting. Sebab, ketika terjadi problem, Anda bisa mendapatkan jawaban langsung dari penyedia hosting. 

Bandwidth dan Storage

Bandwidth adalah jumlah transfer data yang ditangani oleh website dalam waktu tertentu. Ini sangat mempengaruhi performa situs dan menentukan kepuasan pengunjungnya. 

Adapun, storage diperlukan untuk menampung semua data di dalam website. Apabila Anda ingin memasukan foto, lagu, tulisan, atau video maka kapasitas storage yang Anda butuhkan semakin besar. 

Keamanan

Keamanan website juga sangat penting. Tidak jarang penyedia tidak terlalu mementingkan sisi keamanan. Maka, setidaknya pilihlah layanan yang menyediakan SSL sebagai keamanan minimal untuk website.

Kemudian, keamanan data. Mengingat ini hosting gratis, ada beberapa data miliki Anda yang akan diminta perusahaan. Pertimbangkan apakah data yang diminta sesuai dengan fitur yang Anda dapatkan. 

Contohnya, penyedia hosting yang meminta Anda mengirimkan foto KTP untuk hosting 250MB tanpa bantuan customer service, bisa dibilang hal itu berlebihan.

Demikian ulasan seputar hosting gratis yang perlu Anda ketahui. Ikuti langkah-langkah di atas agar memastikan Anda mendapatkan layanan yang tepat sesuai dengan kebutuhan website Anda. Semoga bermanfaat.

Komentar