nusabali

Apa Itu Web Hosting? Pengertian, Jenis dan Cara Kerjanya

  • www.nusabali.com-apa-itu-web-hosting-pengertian-jenis-dan-cara-kerjanya

Apa itu web hosting? berikut ini pengertian, jenis-jenis, dan cara kerja hosting yang harus Anda ketahui.

DENPASAR, NusaBali.com - Saat ini kebutuhan terhadap web hosting permintaannya cukup tinggi apalagi sejak berkembangnya berbagai bisnis digital dan berbagai bisnis lainnya. Tujuannya agar dapat membangun website yang profesional dan optimal. Lalu apa itu web hosting?

Pasalnya tanpa web hosting sebuah website tidak dapat diaktifkan dan diakses melalui internet, disebut juga dengan hosting. Lebih lengkapnya mengenai seluk beluk web hosting mulai dari pengertian jenis dan cara kerjanya bisa membaca artikel kami sampai selesai.

Apa Itu Web Hosting?

Web hosting adalah layanan yang dapat mengaktifkan website di internet secara online. Adanya layanan ini dapat membantu agar website dapat diakses oleh semua orang dan ditampilkan pada halaman internet.

Hal ini berarti Anda tidak dapat membangun website bisa dijangkau bila tanpa layanan web hosting. Fungsinya sebagai penampil informasi pada website ini cukup membantu dalam bisnis Anda.

Web hosting menyediakan space server yang nantinya dapat menampilkan berbagai konten terkait pertanyaan Anda di mesin pencari. Cara mendapatkan layanan ini dengan bekerjasama terlebih dahulu penyedia layanan web hosting.

Penggunaan web hosting membuat Anda tidak membutuhkan satu komputer khusus yang selalu online. Cukup bisa dipahami kan, apa itu web hosting?

Web hosting memiliki jaringan internet dengan kecepatan tinggi serta beroperasi 24 jam tanpa batas. Masalah kapasitasnya cukup beragam mulai dari yang paling kecil 300 MB hingga 1 TB. Bisa disesuaikan dengan budget dan kebutuhan untuk membeli layanan ini.

Setelah memahami pengertian web hosting di atas kurang lengkap jika belum mengetahui jenis dan cara kerjanya. Bagi yang penasaran lanjut saja membaca sampai selesai ulasan di bawah ini.

Jenis-jenis Web Hosting

Adapun jenis-jenis web hosting yang bisa diketahui oleh para blogger atau pebisnis di antaranya:

1. Shared Hosting

Kalau sering menjumpai portal berita yang memiliki inkubator-inkubator dari berbagai daerah Anda pasti sudah jenis web hosting yang satu ini. Shared Hosting merupakan server yang dipakai bersamaan oleh banyak pengguna. Jadi, Anda akan berbagi berbagai fasilitas dari share hosting pada pengguna lainnya.

Shared hosting menawarkan harga yang terjangkau. Cocok digunakan bagi yang sedang memulai bisnis atau membangun website baru untuk tujuan lebih baik.

Keunggulan share hosting selain cocok untuk merintis bisnis juga user friendly sehingga nyaman dipakai. Memahami apa itu web hosting jenis ini juga dari Prinsipnya yang menempatkan beberapa website dalam satu server yang sama.

2.VPS Hosting

Sementara untuk server hosting pribadi adalah VPS hosting. Sumber dayanya hanya dapat digunakan oleh satu pengguna saja sehingga tidak terpengaruh oleh pemakaian user lain. Anda memiliki kebebasan untuk mengatur sekaligus mengelola sumber daya yang ada di layanan ini.

VPS hosting merupakan jenis hosting yang cocok dipakai untuk website dengan banyak pengunjung atau mempunyai traffic tinggi. VPS hampir sama dengan shared hosting, bedanya dari segi sumber daya yang dipakai saja.

Pada keterangannya VPS lah yang memiliki kualitas lebih baik dibandingkan shared hosting. Dianjurkan untuk digunakan oleh website dengan banyak pengunjung yang padat di dalamnya.

3. Cloud Hosting

Berikutnya ada cloud hosting. Jenis web hosting ini mewadahi sumber daya layaknya VPS namun lebih mudah dipakai seperti shared hosting. Artinya hosting ini memungkinkan Anda untuk mengelola server dengan mudah.

Hanya saja jenis hosting ini mempunyai lebih banyak server. Setiap servernya ribuan agar bisa berinteraksi dan terhubung dengan server lain.

Penggunaan cloud hosting masalah seperti keterbatasan daya atau server yang tidak stabil tidak perlu dikhawatirkan. Bahkan saat terjadi kepadatan traffic, secara otomatis akan dipindahkan ke server lain.

4. WordPress Hosting

Apa itu web hosting WordPress? Jenis ini dikhususkan untuk pengguna Wordpress. Spesifikasi hosting ini hampir sama dengan share hosting.

Bedanya kalau Wordpress hosting dikonfigurasi secara khusus untuk pengguna WordPress. Sedangkan share hosting lebih umum. Pemakaian host WordPress cukup memasang plugin dan edit konten di layanan tersebut maka otomatis website dapat dipublikasikan dalam jejaring internet.

Jenis hosting yang ini juga terbilang hampir sama dengan shared hosting. Keduanya sama-sama menggunakan satu server yang dibagi-bagi ke website lain. Bedanya WordPress memiliki konfigurasi yang lebih optimal. Loading lebih cepat dan terhindar dari berbagai error.

5. Dedicated Hosting

Selanjutnya ada jenis dedicated hosting yang merupakan server dengan satu pengguna. Pemakaiannya lebih aman karena tidak perlu mengkhawatirkan website down. Anda juga mempunyai kebebasan mengelola sekaligus mengkonfigurasi server sesuai dengan kebutuhan.

Pengguna akan diberikan akses kontrol penuh sebagai root atau administrator. Seluruh maintenance, hardening, hingga security akan menjadi tanggung jawab pengguna. Harga dedicated hosting jauh lebih mahal daripada jenis web hosting lainnya.

Selain itu, dedicated hosting pengamanannya lebih baik sebab dinilai membuat privasi terproteksi. Dedicated hosting akses kontrol seluruhnya kepada user. Jadi, tidak perlu khawatir mengenai keamanan privasi Anda.

6. cPanel Hosting

Apa itu web hosting cPanel? Jenis web hosting ini adalah kontrol panel web hosting yang berfungsi mengelola hosting. cPanel hosting memiliki antarmuka yang mudah dijalankan serta memungkinkan penggunanya mengatur domain dan pengaturan hosting secara mudah.

cPanel hosting adalah sebuah control panel web hosting yang digunakan sebagai pengelolaan hosting. Jenis layanan ini memiliki tampilan yang ramah pengguna.

Selain itu juga memudahkan kamu untuk melakukan setting yang berkaitan dengan domain dan hosting. Misalnya seperti menambah subdomain, add-on domain, setting email, file manager, backup restore, hingga setting database.

7. Colocation Hosting

Jenis web hosting berikutnya ada juga colocation hosting. Apa itu web hosting colocation? Pasalnya jenis ini hampir mirip dengan dedicated hosting sebab penggunanya mempunyai kendali penuh mengenai akses terhadap server. Bahkan juga memberi akses fisik ke server. Hosting ini termasuk yang paling mahal dibandingkan dengan lainnya.

Dalam artian web hosting ini menyediakan server sendiri yang nanti akan diletakkan sekaligus dipantau oleh penyedia layanan. Jadi, selain bisa melakukan akses fisik ke server Anda juga bisa maintenance fisik serta memikirkan masalah internet, penyimpanan server dan sumber daya listrik atau hal-hal yang menyangkut teknis lainnya.

8. Email Hosting

Email hosting merupakan jenis hosting yang terakhir dan dirancang khusus dalam pembuatan email bisnis. Bayaran yang akan didapatkan berupa filter email spam dan balas email lebih cepat.

Selain itu, Anda juga bisa balas email dengan kuantitas yang lebih banyak. Adanya layanan ini membuat bisnis Anda terlihat lebih reputasi dan profesional. Upaya ini akan sangat membantu untuk membangun kepercayaan pelanggan.

Cara Kerja Web Hosting

Setelah Anda berlangganan web hosting maka akan bekerja sebagaimana fungsinya. Cara kerja dari web hosting adalah menyediakan ruang server yang dapat menyimpan semua file, konten dan database.

Nah, jika nanti ada yang memasukkan nama domain pada kolom alamat browser maka server posting Akan mengirim semua file yang dibutuhkan. Jadi, kerjanya adalah menampilkan informasi website pada jejaring internet.

Bagaimana sudah bisa dipahami apa itu web hosting, jenis-jenis dan cara kerjanya? Jadi, sangat berbeda dengan domain meskipun beberapa ada yang menganggap web hosting sama dengan domain.

Fungsi Web Hosting

Dari pemaparan mengenai pengertian web hosting serta jenis-jenisnya tentu memiliki berbagai fungsi yang cukup menguntungkan untuk Website. Di antara fungsinya seperti menjaga website supaya tidak diserang cyber, memastikan stabilitas website, menyimpan seluruh data, melindungi dari virus atau spam m tentunya dengan instalasi SSL.

Fungsi web hosting tidak hanya itu saja tapi juga memudahkan dalam pengelolaan dan akses website, meminimalisir ancaman down, membantu pengunjung atau pengguna mengakses secara nonstop setiap harinya dan masih banyak lagi berbagai kegunaan lainnya. Pastinya bagi Anda yang ingin membangun website baru cukup penasaran kan dengan keuntungan memakai hosting?

Lagipula tanpa web hosting situs tidak akan bisa diakses atau dibuka. Sebab, perannya di sini adalah untuk mengaktifkan website. Jadi, bagi pemula usahakan memahami berbagai hal mengenai kebutuhan website sebelum membangunnya apalagi untuk bisnis.

Tidak hanya memahami apa itu web hosting, tapi juga mempelajari jenis-jenisnya sesuai kebutuhan. Supaya nantinya website dapat bekerja dengan baik dan optimal serta mengundang banyak pengunjung. Bagaimana sudah siap untuk membangun website baru?

Komentar