nusabali

Perbedaan antara Token dan Cryptocurrency

  • www.nusabali.com-perbedaan-antara-token-dan-cryptocurrency

Mari kita mulai dengan memahami definisi mata uang kripto atau cryptocurrency (kita akan menggunakan kedua konsep secara sinonim dalam artikel ini).

Cryptocurrency adalah mata uang digital atau virtual yang dienkripsi (dilindungi) menggunakan kriptografi. Kriptografi mengacu pada penggunaan teknik enkripsi untuk mengamankan dan mengotentikasi transfer transaksi.

Diluncurkan tak lama setelah krisis ekonomi global yang parah pada tahun 2008, Bitcoin adalah cryptocurrency terdesentralisasi pertama. Ia bekerja melalui buku besar publik yang mencatat dan memvalidasi semua transaksi secara kronologis, yang disebut Blockchain.

Bagaimana cara memblokir rantai?

Berikut gambaran umum tentang cara blockchain atau blockchain:

Penciptaan Bitcoin menandai peristiwa penting di bidang mata uang digital, karena sifatnya yang terdistribusi dan terdesentralisasi. Kelahiran BTC memicu perluasan ekosistem yang subur dan lebih beragam untuk mata uang dan token lainnya, yang sering dianggap sebagai cryptocurrency secara umum, meskipun sebagian besar tidak termasuk dalam definisi 'mata uang'.

Sebelum memperdagangkannya, ingatlah untuk memeriksa prediksi harga Ripple di Litefinance.

Perbedaan antara token dan cryptocurrency

Penting untuk dicatat bahwa semua mata uang atau token dianggap sebagai mata uang kripto, meskipun sebagian besar mata uang tidak berfungsi sebagai mata uang atau alat tukar. Istilah cryptocurrency adalah keliru, karena mata uang secara teknis mewakili unit akun, penyimpan nilai dan media pertukaran.

Semua fitur ini melekat pada Bitcoin, dan karena ruang cryptocurrency dimulai dengan penciptaan Bitcoin, mata uang lain yang diproduksi setelah Bitcoin umumnya dianggap sebagai cryptocurrency, meskipun sebagian besar tidak memenuhi karakteristik mata uang sebenarnya yang disebutkan.

Kategorisasi cryptocurrency yang paling umum adalah:
- Cryptocurrency alternatif (Altcoin)
- Token
- Altcoin

Cryptocurrency alternatif, seperti Ethereum, XRP, atau ADA Cardano juga disebut altcoin atau hanya 'mata uang'. Mereka sering digunakan secara bergantian. Altcoin hanya merujuk pada mata uang yang merupakan alternatif dari Bitcoin.

Altcoin didasarkan pada Bitcoin

Sebagian besar altcoin adalah varian (garpu) Bitcoin, dibuat menggunakan protokol open source asli Bitcoin dengan perubahan kode dasarnya, sehingga menghasilkan mata uang yang sama sekali baru dengan rangkaian fitur yang berbeda. Konsep utama untuk memodifikasi kode sumber terbuka untuk membuat mata uang baru disebut hardforks, yang dijelaskan secara lebih rinci dalam artikel ini.

Beberapa contoh altcoin yang merupakan varian dari kode Bitcoin adalah Namecoin, Peercoin, Litecoin, Dogecoin dan Auroracoin.

Altcoin dengan blockchainnya sendiri

Ada altcoin lain yang tidak berasal dari protokol Bitcoin open source. Sebagai gantinya, mereka telah membuat Blockchain dan protokol mereka sendiri yang mendukung mata uang asli mereka. Crypto ini memiliki buku besar yang terpisah. Beberapa contoh koin ini adalah Ethereum, XRP Ripple, Polkadot Omni, Bitshares, NEO, Waves dan Counterparty. Fitur umum dari semua altcoin ini adalah bahwa setiap altcoin memiliki blockchain independennya sendiri, di mana transaksi yang terkait dengan mata uang aslinya terjadi. Bitcoin beroperasi pada blockchain Bitcoin, Ethereum beroperasi pada blockchain Ethereum, dll.

Apa itu Token Bitcoin atau token cryptocurrency?

Token pada dasarnya dapat mewakili aset apa pun yang dapat digunakan dan diperdagangkan, mulai dari komoditas hingga poin loyalitas serta mata uang kripto lainnya.

Bahkan saat ini, sulit karena volatilitasnya yang tinggi, cryptocurrency lahir untuk digunakan saat kita menggunakan uang tunai: untuk membayar barang dan jasa. Sebaliknya, token dibuat untuk digunakan dalam aplikasi terdesentralisasi (DApps) dan jaringannya.

Pembuatan token adalah proses yang lebih mudah, karena Anda tidak perlu mengubah kode protokol tertentu atau membuat rantai blok dari awal.

Oleh karena itu, token yang dibuat di blockchain Ethereum (seperti USDT Theter) disebut token ERC-20.

Apakah Bitcoin adalah cryptocurrency pertama?

Meskipun tidak ada keraguan bahwa bitcoin telah memiliki dampak revolusioner pada ruang cryptocurrency (pada saat penulisan, bitcoin telah melahirkan lusinan garpu dan peniru, dan tetap menjadi mata uang digital nomor satu di dunia untuk batas pasar dan metrik lainnya), apakah itu benar? benar-benar cryptocurrency pertama?

Bitcoin dianggap oleh banyak investor sebagai cryptocurrency asli. Didirikan pada tahun 2009 oleh seorang programmer (atau mungkin sekelompok programmer) dengan nama samaran Satoshi Nakamoto, bitcoin mengantarkan era baru teknologi blockchain dan mata uang digital terdesentralisasi. Buku putih Satoshi yang menjelaskan bitcoin juga menjelaskan konsep teknologi blockchain untuk pertama kalinya, mengatakan bahwa 'jaringan menskalakan waktu transaksi dengan memotong rantai bukti berbasis hash yang berkelanjutan, membentuk catatan yang tidak dapat diubah tanpa membuat kembali bukti.*

Komentar