nusabali

Museum Subak Siap Terima Delegasi G20

  • www.nusabali.com-museum-subak-siap-terima-delegasi-g20

TABANAN,NusaBali
UPTD Museum Subak di Banjar Sanggulan, Desa/Kecamatan Kediri, Tabanan menyatakan kesiapannya menerima kunjungan delegasi G20 yang akan melaksanakan KTT di Nusa Dua pada  November 2022.

Kendati belum ada info apakah delegasi akan mengunjungi Kabupaten Tabanan, namun sebagai lembaga yang menjadi sumber informasi dan edukasi  tentang subak, Museum Subak menyatakan selalu siap. ”Ya, kami selalu  siap, ” tegas Kepala UPTD Museum Subak, Ida Ayu Nyoman Ratna Pawitrani, Minggu (10/4). Dikatakan kesiapan itu tidak saja dalam konteks kunjungan dengan status  VIP seperti delegasi G20, namun  sekaligus siap bagi pengunjung lain.  Apakah itu wisatawan, peneliti, siswa maupun mahasiswa dan masyarakat umum, yang berkepentingan mendapatkan informasi  tentang meseum subak dan persubakan di Bali.

Dikatakan  Ida Ayu Nyoman Ratna Pawitrani, untuk itu  sebanyak 15  staf yang bertugas setiap hari di Museum Subak.  “ Teman- teman (staf) siap memberi layanan kalau ada yang datang,” ujarnya.

Terkait jumlah koleksi yang  dipamerkan di museum ini berjumlah 250 buah. Meseum Subak  juga dilengkapi ruang audio visual yang menggambarkan tentang keberadaan subak di Bali. Demikian juga miniatur tentang irigasi persubakan, hingga bangunan tradisional  Bali tempo dulu.

Untuk ruang koleksi, tergambar  baik lewat visual (foto, gambar) dan asal-usul subak, berdasarkan prasasti, cikal pembentukannya, sistem  organisasi, budidaya hingga proses panen hingga produk pertanian siap dikonsumsi. *k17

Komentar