nusabali

Pantang Hamburkan Peluang

Laga Penentuan Portugal vs Makedonia Utara

  • www.nusabali.com-pantang-hamburkan-peluang

Kami tim yang membuat banyak peluang. Kami juga tahu bahwa kami harus meredam serangan balik, dan cara terbaik mengalirkan bola dengan baik.

PORTO, NusaBali
Portugal akan menghadapi Makedonia Utara pada final Play-off Jalur C Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa, di Estadio do Dragao, Porto, Rabu (30/3), pukul 02:45 WITA. Laga tersebut menjadi penentuan untuk lolos ke Qatar.

Di semifinal Jalur C, Portugal mengalahkan Turki 3-2, di Estadio do Dragao, lewat gol-gol Otavio, Diogo Jota, dan Matheus Nunes. Sedangkan Makedonia Utara membuat kejutan di Stadio Renzo Barbera, Palermo, dengan mempecundangi juara dunia empat kali Italia 1-0. Gol Aleksandar Trajkovski mendepak Gli Azzurri sekaligus mendekatkan Makedonia Utara ke Piala Dunia-nya yang pertama.

Berbeda dengan sebelumnya, play-off Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa terbagi ke Jalur A, B, dan C, yang masing-masing dihuni empat tim. Hanya satu tim dari masing-masing Jalur yang akan lolos ke putaran utama di Qatar.

Sementara itu, Portugal taka mau bernasib seperti Italia saat menjamu Makedonia Utara. Ya, Seleccao Das Quinas dilarang menghamburkan peluang. Sebab  gol Makedonia Utara menjadi salah satu dari dua shot on target selama 90 menit. Sedangkan Italia tampil dominan dengan 32 peluang, tapi hanya lima mengarah ke gawang.

Hal inilah yang diwaspadai betul oleh gelandang serang Portugal Bernardo Silva. Silva mewanti-wanti rekan setimnya agar tidak meremehkan Makedonia Utara dan memaksimalkan setiap peluang yang didapat, untuk mencetak gol.

"Kami adalah tim yang membuat banyak peluang. Kami juga tahu bahwa kami harus meredam serangan balik, dan cara terbaik mengalirkan bola dengan baik," ujar Silva.

Silva tahu bahwa timnya melaju sejauh ini karena memang pantas ada di sini. Mereka mampu mengalahkan Jerman dan Italia, itu bukti bahwa Portugal punya pertahanan yang kuat, bahkan dengan sedikit peluang yang dimiliki.

“Kami tahu bahwa tugas kami akan sulit, tapi kami akan semaksimal mungkin mengalahkan tim yang bisa menyulitkan ini. Apapun bisa terjadi dalam 90 menit dan kami yakin ini bakal berjalan sangat sulit,"kata Silva.

Lebih jauh Silva meminta Portugal harus mewaspadai rekor bagus Makedonia Utara dalam laga tandang.  Mereka tak terkalahkan dalam lima laga tandang terakhir, empat di antaranya berakhir dengan kemenangan.

Dua di antara kemenangan itu diraih atas tim top Eropa yakni Jerman dan Italia. Makedonia Utara mengalahkan Jerman 2-1 pada April 2020, dan terakhir menang 1-0 atas Italia di semifinal play-off Piala Dunia 2022.

Silva tak menampik jika Portugal merasakan tekanan untuk lolos ke Piala Dunia 2022. Namun tanggung jawab untuk Piala Dunia berarti, terlepas dari siapa lawannya, kata Silva, timnya punya tekanan ini. *

Komentar