nusabali

Perbekel Desa Amerta Bhuana Kampanyekan 3 Calon Perbekel Tiap Sangkepan

  • www.nusabali.com-perbekel-desa-amerta-bhuana-kampanyekan-3-calon-perbekel-tiap-sangkepan

AMLAPURA, NusaBali
Perbekel Desa Amerta Bhuana, Kecamatan Selat, Karangasem, I Wayan Suara Arsana melakukan inovasi dengan mengampanyekan tiga calon Perbekel Amerta Bhuana setiap sangkepan di wilayahnya.

Caranya dengan mengajak ketiga calon perbekel untuk diperkenalkan kepada masyarakat. "Tiap ada sangkepan saya ajak ketiga calon perbekel itu, lebih lanjut silakan warga menentukan pilihannya," jelas Wayan Suara Arsana di sela-sela kampanye di Bale Banjar Sila Sesana, Rabu (9/3).

Tiga calon yang diajak dan diperkenalkan satu persatu yakni I Made Ngurah dari Banjar Muntig, I Wayan Seriasa dari Banjar Sukaluwih, dan I Wayan Sudana dari Banjar Abiantiing. “Ketiga putra terbaik Desa Amerta Bhuana itulah nantinya bersaing memperebutkan jabatan Perbekel Desa Amerta Bhuana masa bhakti 2022-2028," jelas Wayan Suara Arsana. Dia juga menyampaikan kepada masyarakat selama tiga periode kepemimpinannya, jika ada yang kurang puas dan masih ada yang dirasa kurang dengan harapan agar perbekel selanjutnya yang melanjutkan program kerja Pemerintah Desa Amerta Bhuana.

Desa Amerta Bhuana mewilayahi 4 banjar dinas, 3 desa adat, dan 7 banjar adat. Wayan Suara Arsana mengajak ketiga calon perbekel hadir ke banjar adat dan desa adat yang menggelar paruman. "Sayalah satu-satunya perbekel yang akan berakhir masa jabatan pada 22 Juni mendatang yang mengajak calon perbekel kampanye di setiap sangkepan," ungkap Wayan Suara Arsana.

Pemilih di Desa Amerta Bhuana sebanyak 2.739 pemilih, masing-masing 1.337 pemilih laki-laki dan 1.402 pemilih perempuan. Pemilih menentukan pilihannya di  5 TPS.

Berbeda dengan Perbekel Desa Menanga, Kecamatan Rendang I Wayan Suartana, yang juga akan berakhir masa jabatannya 22 Juni, sehubungan telah tiga periode jadi Perbekel Menanga tidak mengkampanyekan tiga calon yang ada. Cukup dengan memasang gambar tiga calon di tempat strategis. Ketiga calon itu, I Made Hendra Sagita dari Banjar Menanga Kangin, I Ketut Tegteg dari Banjar Menanga Kangin, dan I Wayan Nuarta dari Banjar Batusesa. Di desa itu, sebanyak 5.593 pemilih,.

"Kampanye bagaimana, karena semua calon masih ada hubungan keluarga dengan saya," kata Wayan Suartana. Puncak pilkel serentak nanti, Sabtu (21/5), terdapat 6 calon dari perempuan, incumbent I Gusti Ayu Biksuni dari Banjar Perasi Kangin Desa Pertima Kecamatan Karangasem. Satu incumbent lagi Ni Putu Dewi Suryanti dari Desa Macang, Kecamatan Bebandem.

Empat calon lainnya Ni Nengah Suniarniti dari Banjar Tanah Lengis Desa Ababi Kecamatan Abang, Ni Nyoman Suardiani dari Banjar Tigaron Kangin Desa Sukadana Kecamatan Kubu, AA Ayu Rai Bintang dari Banjar Budamanis Desa/Kecamatan Sidemen, dan Ni Wayan Suparwati dari Banjar Melanting Desa Padangbai Kecamatan Manggis.

Pilkel serentak di 51 desa diikuti 154 calon, 6 calon dari perempuan, 148 calon laki. Sedangkan incumbent yang kembali maju untuk mempertahankan jabatannya sebanyak 41 incumbent. *k16

Komentar