nusabali

Perumda Tirta Sewakadarma Raih Nilai Kinerja Tertinggi di Bali

  • www.nusabali.com-perumda-tirta-sewakadarma-raih-nilai-kinerja-tertinggi-di-bali

DENPASAR, NusaBali
Kinerja Perumda Tirta Sewakadarma Kota Denpasar mendapat nilai tertinggi di wilayah timur Indonesia.

Pada tingkat nasional Perumda Tirta Sewakadarma masuk di nomor 9 nilai tingkat kinerja tertinggi sesuai dengan data yang dirilis Kemendagri, termasuk tertinggi di wilayah timur. Sementara di Bali menduduki peringkat pertama.

Direktur Utama Perumda Tirta Sewakadarma, Ida Bagus Gde Arsana saat diwawancarai di Denpasar, Minggu (20/2) mengungkapkan bahwa penilaian kinerja ini dilakukan oleh Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) berdasarkan SK Kemendagri Nomor 47. Ini merupakan penilaian di tahun 2020 yang digelar di tahun 2021.

Dalam penilaian itu yang dinilai adalah 4 aspek, yakni keuangan, administrasi, teknis atau operasional dan Sumber Daya Manusia (SDM). Untuk aspek keuangan dinilai kondisi cashflow dengan utang, laba dengan pendapatan.

"Kalau keuangan yang dinilai juga pemanfaatan penyertaan modal dari Pemkot sehingga mendatangkan laba berapa. Jangan sampai modal berapa, laba berapa malah merugi," ungkapnya. Dari aspek administrasi, dinilai dari efektivitas penagihan. Banyak Perumda atau BUMD tunggakannya tinggi karena penagihan susah. Tetapi di Denpasar tunggakan hanya 3 persen dari tagihan. Walaupun ada satu dua yang nunggak, namun persentase kecil.  Sementara aspek teknis atau operasional yang dinilai selama ini, yakni akses pelayanan di antaranya berapa cakupan layanan Denpasar.

"Dibandingkan daerah lain kita sudah 6,4 persen untuk pertumbuhan pelanggan setiap tahunnya dibanding pertumbuhan penduduk. Tingkat penyelesaian pengaduan. Dari segi kehilangan air, jam operasi layanan penggantian meter air juga kami sudah memenuhi standar pelayanan," ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan Bagus Arsana, untuk aspek SDM yang dinilai tingkat pendidikan pegawai. Jika tidak pernah melakukan pendidikan itu artinya perusahaan dianggap SDM-nya rendah. Sebab, perusahaan minimal melakukan pelatihan sekali dalam setahun. "Termasuk jumlah pegawai juga dinilai, kalau jumlah pegawai kegemukan itu artinya perusahaan tidak sehat. Namun selama ini untuk Denpasar jumlah pegawai masih di bawah ketentuan pusat," imbuhnya.

Dari segi penilaian itulah Perumda Tirta Sewakadarma terpilih berada di 10 besar dengan kinerja terbaik untuk BUMD khusus perusahaan Air Minum dari 378 BUMD Air Minum di Indonesia. "Kalau untuk di Indonesia kami peringkat 9 dan satu-satunya Perumda yang berada di wilayah timur masuk 10 besar dan menjadi Perumda dengan kinerja tertinggi, sedangkan kalau di Bali kami peringkat kinerja pertama dengan nilai 3,99," tandasnya. *mis

Komentar