nusabali

Petugas Damkar Tangkap Ular Kobra

  • www.nusabali.com-petugas-damkar-tangkap-ular-kobra

AMLAPURA, NusaBali
Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Karangasem menangkap ular kobra di Jalan Serma Natih, Lingkungan Susuan, Kelurahan/Kecamatan Karangasem, Senin (24/1) sekitar pukul 09.55 Wita.

Kobra itu sebelumnya memangsa ayam dan dolong (entok) di kandang milik I Gede Karya. Ular kobra sepanjang 1meter yang ditangkap kemudian dilepasliarkan di habitatnya yang jauh dari pemukiman.

I Gede Karya melihat ular kobra melingkar di sudut kandang. Pemilik kandang juga melihat bangkai ayam dan dolong, serta telor ayamnya habis. Dia kemudian minta bantuan kepada tetangganya, I Gede Rauh Suantara, untuk menangkap ular. Selanjutnya, Gede Rauh minta bantuan petugas Damkar Karangasem. Waka Danru I Pos Pemadam Kebakaran I Nengah Suderesna yang menerima laporan itu bergegas ke lokasi kejadian bersama 5 anggota lainnya.

Petugas Damkar berbekal jepitan dan karung plastik. Petugas menangkap ular kobra dengan cara menjepit leher selanjutnya dimasukkan ke dalam karung plastik. Selanjutnya ular kobra dilepas liarkan ke habitatnya yang jauh dari pemukiman. “Ayam dan dolong sering mati digigit ular. Ular itu tidak mampu menelan ayam dan dolong,” ungkap Gede Karya. Sementara Kadis Pemadam Kebakaran I Nyoman Siki Ngurah mengatakan, saat musim hujan biasanya sering ada ular berkeliaran masuk pekarangan rumah, apalagi tempat tinggal berdampingan dengan tegalan. Warga diimbau waspada. *k16

Komentar