nusabali

Wabup Karangasem Pimpin Penghijauan di Bukit Gunung Sega

  • www.nusabali.com-wabup-karangasem-pimpin-penghijauan-di-bukit-gunung-sega

AMLAPURA, NusaBali
Wakil Bupati Karangasem I Wayan Arta memimpin penghijauan dengan menanam 2.000 rumput vetiver dan 1.000 bibit jambu biji merah di Bukit Gunung Sega, Banjar Sega, Desa Bunutan, kecamatan Abang, Karangasem, Jumat (10/12).

Penghijauan ini untuk mencegah bencana longsor. Penghijauan melibatkan BPBD Karangasem, siswa SMP Negeri Satu Atap Desa Bunutan, dan masyarakat Desa Bunutan.


Wabup Arta Dipa mengingatkan, bambu juga sangat efektif untuk mencegah longsor karena memiliki resapan air cukup kuat. Tanaman bambu menyuburkan yanah dan menahan air hujan. “Kami berharap setelah penghijauan ditindaklanjuti dengan menjaga tanaman agar tumbuh subur dan berguna mencegah longsor,” jelas Arta Dipa.

Plt Kepala Pelaksana BPBD Karangasem I Nyoman Siki Ngurah mengatakan, penghijauan di Bukit Gunung Sega dari Selasa (7/12) hingga Jumat (10/12). “Tanam rumput vetiver untuk mencegah terjadi longsor, program jangka panjang dengan menanam tanaman keras,” jelas Siki Ngurah. Menurut Siki Ngurah, rumput vetiver cepat tumbuh dan akarnya mencengkram di tanah sehingga bisa mencegah longsor.

Siki Ngurah mengungkapkan, pada Minggu (5/12) terjadi tiga titik longsor menyebabkan 25 KK warga Banjar Sega terisolir. Pembersihan material longsor dengan menggunakan alat berat. Karangasem merupakan daerah dengan ancaman bencana tertinggi di Bali, tak hanya tanah longsor, erupsi Gunung Agung, pohon tumbang, kebakaran hutan, sesekali air sungai meluap. Sementara Sekretaris BPBD Karangasem Ida Ketut Arimbawa mengatakan, memasuki musim hujan rawan tanah longsor dan pohon tumbang. “Kami telah menyiapkan 15 chainsaw siap pakai jika terjadi pohon tumbang,” ungkap Ida Bagus Arimbawa. *k16

Komentar