nusabali

Usulkan Pengetatan di Wilayah Tertentu

Bos-Bos Mal Mengaku Terpuruk

  • www.nusabali.com-usulkan-pengetatan-di-wilayah-tertentu

JAKARTA, NusaBali
Pemerintah bakal memperketat kegiatan masyarakat setelah menaikkan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari level 1 ke PPKM level 3, salah satunya adalah kegiatan di pusat perbelanjaan atau mal.

Kebijakan pengetatan ini sebagai upaya menekan penularan virus Covid-19. Jika sebelumnya saat di level 1, mal bisa buka 100 persen maka tidak untuk saat ini. Di mana kegiatan pusat perbelanjaan, mal, dan pusat perdagangan dibuka dengan kapasitas maksimal 50 persen sampai dengan pukul 21.00. Sontak, kalangan pengusaha pun ikut bereaksi atas kebijakan ini.

"Pelaku usaha melihatnya perlu kearifan, karena pelaku usaha dalam kondisi terpuruk. Kesehatan memang utama, tapi ekonomi perlu juga jalan, jadi gas rem sangat penting," kata Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Nicholas Mandey kepada CNBC Indonesia, Kamis (2/12).

Aprindo juga mengusulkan pembatasan kegiatan masyarakat melalui pola lain, yakni bukan melalui pengetatan interkontinen atau seluruh wilayah, melainkan intrakontinen dengan wilayah tertentu saja, yakni wilayah yang memiliki potensi penularan besar dan lebih berisiko.

"Wilayah tertentu saja PPKM naik ke level 3, diatur supaya ketat, karena beberapa alasan vaksinasi belum mencapai 50%-60%, kedua masih positivity rate masih di atas 5%. Wilayah kota itu aja yang dibatasi PPKMnya, dibuat lebih ketat. Kalau vaksinasi di atas 70% untuk pertama dan 50% kedua ya kami berharap ini dapat jalan seperti sekarang ini, tidak serta merta diperketat, karena ini penanggulangan sudah baik terkontrol, ter-tracing," sebut Roy.

Pemerintah sebaiknya mengalihkan fokus terhadap hal detil, misalnya pengawasan warga negara asing yang akan masuk ke dalam negeri.

Pemerintah memang sudah menutup akses terhadap 11 negara, namun pengawasan di lapangan yang penting. Hal itu dirasa lebih efektif dibanding mengetatkan kegiatan ekonomi.

"Jangan serta merta semua dikunci, gimana ekonomi kita? pelaku ekonomi berharap besar pemerintah terhadap ekonomi belum pulih, tapi minimal dekati pemulihan," sebutnya. *

Komentar