nusabali

Jelang Galungan, Warga Serbu Pasar Murah

  • www.nusabali.com-jelang-galungan-warga-serbu-pasar-murah

NEGARA, NusaBali
Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Jembrana mengelar pasar murah secara bergiliran di 5 lokasi, mulai Rabu (3/11) - Minggu (7/11).

Pasar digelar serangkaian perayaan Raya Galungan, Buda Kliwon Dungulan, Rabu (10-/11)  dan Kuningan, Saniscara Kliwon Kuningan, Sabtu (20/11).  

Gelaran pasar murah itu diserbu warga. Sejumlah sembako untuk Galungan yang disediakan panitia pasar, habis terjual dalam hitungan jam. Seperti dalam pasar murah terakhir yang digelar di halaman Kantor Perbekel Mendoyo Dangin Tukad, Kecamatan Mendoyo, Jembrana, Minggu (7/11). Sejumlah sembako di antaranya 500 kg beras, 50 kg gula pasir, 240 liter minyak goreng, dan 3.000 butir (100 kerat) telur ayam, semuanya ludes terjual dalam waktu 3 jam dari pukul 08.00 Wita hingga pukul 10.30 Wita.

Begitu juga sejumlah komoditas seperti bawang merah, cabai, dan ratusan bungkus jajan untuk keperluan upakara yang disediakan dalam pasar murah itu, juga habis terjual. "Semuanya habis. Hanya gas LPG yang masih tersisa. Tadi kita bawa 200 tabung gas LPG (ukuran 3 kg), yang laku sekitar 60 tabung," ujar Plt Kepala Seksi Perlindungan Konsumen Bidang Perdagangan pada Dinas Koperindag Jembrana Ketut Angga Wijaya, Minggu kemarin.

Secara tepisah, Sekretaris Dinas Koperindag Jembrana I Ketut Antara mengatakan, kegiatan pasar murah itu bertujuan membantu masyarakat. Terlebih dalam situasi pandemi Covid-19. Di mana berbagi komoditas yang dijual dalam pasar murah itu, harganya lebih murah dari harga pasar dan ada tambahan diskon hingga 10 persen kepada masyarakat yang bertransaksi mengunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Bank BPD Bali. "Kami sediakan bebagai barang, terutama sembako. Namun jumlahnya tetap kita dibatasi agar tidak mematikan pedagang pasar," ucapnya.

Selain pasar murah di Kantor Desa Mendoyo Dangin Tukad, Minggu kemarin, juga sempat digelar pasar murah di 4 lokasi berbeda. Pada hari pertama pada Rabu (3/11), digelar di halaman Kantor Desa Dangin Tukadaya, Kecamatan Jembrana. Hari kedua pada Kamis (4/11), digelar di halaman Kantor Desa Baluk, Kecamatan Negara. Hari ketiga pada Jumat (5/11), digelar di halaman Kantor Desa Perancak, Kecamatan Jembrana. Kemudian hari keempat pada Sabtu (6/11), digelar di halaman Kantor Desa Warnasari, Kecamatan Melaya.  *ode

Komentar