nusabali

UKM Bridge Undiksha Kembali Torehkan Prestasi Tingkat Nasional

  • www.nusabali.com-ukm-bridge-undiksha-kembali-torehkan-prestasi-tingkat-nasional

SINGARAJA, NusaBali.com - Prestasi membanggakan kembali diraih oleh mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha).

Kontingen UKM Bridge Undiksha yang bertanding dalam Kejuaraan Bridge Terbuka XXI Piala Rektor dan Dekan Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura, berhasil membawa pulang dua gelar.

Dengan membawa nama Tim Bravo Undiksha, mereka berhasil menorehkan prestasi sebagai juara pertama pada kategori beregu KU21 dan juara kedua pada kategori pasangan KU21. Pertandingan yang dilaksanakan secara daring melalui Platform Bridge Base Online (BBO) tersebut berlangsung 15-17 Oktober 2021.  “Tidak ada persiapan khusus, hanya latihan seperti biasa saja,” terang Kapten Tim Bravo Undiksha, Gede Raditya Manohara, Rabu (20/10/2021).

Raditya mengatakan, pertandingan kategori beregu memainkan sebanyak lima sesi penyisihan dan lima sesi final. Bertanding selama tiga hari, tim Undiksha berhasil lolos ke final setelah mengalahkan tim ITS Mine dengan IMP skor 72 – 0. Bravo Undiksha berhasil lolos ke final bersama lima tim lainnya yaitu, Tim Malang (Aremania), Tim Pasuruan (Gobes), Tim Unair (Ksatria Airlangga), Tim ITS (ITS Valir), dan Tim Untan (FTBC Anon).

Skema dalam babak final menggunakan skema Round Robbin. Pada skema ini semua tim akan saling berhadapan satu sama lain. Bravo Undiksha berhasil duduk di peringkat pertama selama lima sesi bertutut berturut dengan hasil VP akhir 76,64 disusul Aremania dengan VP 56,76 dan Gobes dengan VP 50.02. “Dari satu pertandingan ke pertandingan waktunya mepet-mepet jadi tidak ada istirahat gitu,” tutur Raditya mengenai tantangan mengelola waktu selama kejuaraan.   

Sementara itu pada pertandingan kategori pasangan memainkan dua sesi yang berlangsung hanya satu hari, Minggu (17/10/2021). Pasangan Gede Raditya Manohara dan Gede Arya Suryana Murtika Wangsa berhasil keluar sebagai juara kedua dengan nilai sesi satu 51,14 persen dan sesi dua sebesar 68,43 persen. Kedua hasil tersebut kemudian dijumlahkan dan dirata-ratakan.

Juara pertama sendiri diraih oleh pasangan atlet asal Kota Blitar atas nama Marcellino D Nasution dan Annisa Dewi Nur Ilma. Sementara juara ketiga juga diraih oleh pasangan atlet Kota Blitar atas nama Ghulam Ainul Muttaqin dan M Fadhilah Abdul Fattah.

Raditya menyebutkan pemain-pemain yang berhasil meraih juara pertama pada kategori beregu KU21, yakni Gede Raditya Manohara, 20, mahasiswa semester III dari Prodi Sistem Informasi, Gede Arya Suryana Murtika Wangsa, 19, mahasiswa semester III dari Prodi Penjaskesrek, I Gede Agus Wirya Jaya, 18, mahasiswa semester I dari Prodi Pendidikan Matematika, dan Gede Wisnu Ambara Putra, 18, mahasiswa semester III dari Pendidikan Kimia.

Sementara para pemain yang berhasil meraih juara kedua kategori pasangan KU21 diraih oleh pasangan Gede Raditya Manohara, mahasiswa semester III dari Prodi Sistem Informasi dan Gede Arya Suryana Murtika Wangsa, mahasiswa semester III dari Prodi Penjaskesrek.

Sebagai atlet bridge, Raditya melihat bridge terus berkembang popularitasnya baik di lingkungan kampus Undiksha maupun masyarakat umum, utamanya di Buleleng. “Harapannya biar ke depan, khusunya bridge di Bali berkembang dan dikenal oleh banyak orang,” sebut Raditya.

Kejuaraan Bridge Terbuka XXI Piala Rektor dan Dekan Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura (Kalimantan Barat) merupakan event tahunan dari Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura. Kejuaraan ini dilaksanakan dalam dua agenda, yaitu secara online dan offline.

Kejuraan online dilaksanakan melalui Platform Bridge Base Online (BBO) yang berlangsung 15-17 Oktober 2021, sedangkan kejuaraan offline akan berlangsung 29-31 Oktober 2021 bertempat di Aula Fakultas Teknik Tanjungpura. *adi

Komentar