nusabali

Dishub Klungkung Rancang Tambah Angkutan Siswa 2 Kecamatan

  • www.nusabali.com-dishub-klungkung-rancang-tambah-angkutan-siswa-2-kecamatan

SEMARAPURA, NusaBali
Pemkab Klungkung melalui Dinas Perhubungan (Dishub) berencana menambah cakupan pelayanan angkutan siswa gratis di dua kecamatan, yakni Kecamatan Banjarangkan dan Dawan. Rencana itu akan dilaksanakan tahun 2022.

Kepala Dinas Perhubungan Klungkung I Nyoman Sucitra mengatakan untuk di Kecamatan Klungkung masih melayani 5 sekolah, yakni SMPN 1 Semarapura, SMPN 2 Semarapura, SMPN 3 Semarapura, SMPN 4 Semarapura, dan MTs Hasanudin. Jumlah siswa yang dilayani 1.500 orang dengan 110 armada. Pelayanan angkutan siswa gratis di Kecamatan Banjarangkan akan menyasar SMPN 1 Banjarangkan, dan SMPN 2 Banjarangkan, dengan 500 siswa, menggunakan 25 armada (2 kali layanan)

Di Kecamatan Dawan, mencakup SMPN 1 Dawan, SMPN 2 Dawan, dan SMPN 3 Dawan. Siswa yang dilayani 700 orang, menggunakan 35 armada (2 kali layanan).

Sucitra mengaku program tersebut akan diajukan untuk tahun 2022. Anggaran untuk angkutan siswa gratis di Kecamatan Klungkung Rp 4,3 miliar, Kecamatan Banjarangkan Rp 3,5 miliar, dan Kecamatan Dawan Rp 3,5 miliar.

Namun Sucitra belum bisa memastikan, apakah program ini akan berjalan atau tidak pada tahun 2022. Karena situasi masih pandemi Covid-19 sehingga siswa masih menerapkan pembelajaran dalam jaringan. Di satu sisi terjadi refocusing anggaran untuk penanganan pandemi. Disebutkan, pelayanan angkutan siswa di sekolah lainnya dilakukan secara bertahap termasuk di Kecamatan Nusa Penida.

Seperti diketahui, Dinas Perhubungan Klungkung memastikan angkutan siswa gratis untuk siswa pulang-pergi ke sekolah tahun 2021, tidak beroperasi. Karena sekolah masih menerapkan pembelajaran daring di tengah pandemi Covid-19. Anggaran program ini sekitar Rp 4 miliar tahun ini dialihkan untuk penanganan Covid-19. *wan

Komentar