nusabali

Pasien Covid-19 di Badung Langsung Dibawa ke Tempat Isoter

  • www.nusabali.com-pasien-covid-19-di-badung-langsung-dibawa-ke-tempat-isoter

MANGUPURA, NusaBali
Pasien baru terpapar Covid-19 di Badung langsung dibawa ke tempat isolasi terpusat (isoter).

Hal itu dilakukan setelah adanya aturan pasien Covid-19 harus dirawat di tempat isolasi terpusat. Aparat TNI/Polri, BPBD, Satpol PP, Dinas Kesehatan, dan instansi terkait lainnya juga terus berupaya untuk memindahkan pasien Covid-19 orang tanpa gejala dan gejala ringan (OTG-GR) yang sedang isolasi mandiri (isoman) dipindahkan ke tempat isoter.

Kasubbag Humas Polres Badung Iptu Ketut Gede Oka Bawa dikonfirmasi, Selasa (17/8), mengungkapkan saat ini aparat Polres Badung sedang berusaha memindahkan pasien isoman ke tempat isoter. Hingga Senin (16/8), sebanyak 211 orang pasien isoman sudah dipindahkan. Ratusan pasien isoman itu dipindahkan ke sejumlah tempat isoter yang sudah disiapkan pemerintah.

“Pasien baru langsung dipindahkan ke tempat isoter. Pagi ini (kemarin pagi) ada pasien di Desa Darmasaba, Kecamatan Abiansemal, Badung dilakukan isoter ke Hotel Made Bali, Kelurahan Kapal, Kecamatan Mengwi, Badung,” ungkap Iptu Oka Bawa.

Sementara itu, Kapolres Badung AKBP Leo Dedy Defretes mengatakan saat ini pemerintah sedang mempersiapkan sejumlah tempat untuk dijadikan lokasi isoter. Bahkan rencananya isoter ini nantinya berbasis kecamatan. Berdasarkan laporan yang diperolehnya banyak pasien yang tak mau dipindahkan ke tempat isoter karena jauh dari rumah.

Perwira lulusan Akpol tahun 2002 ini mengungkapkan tempat isoter di Badung terdiri dari Hotel Bakung Beach sebanyak 150 bed, Wisma Bima I sebanyak 46 bed, dan Wisma Bima II sebanyak 55 bed. Hotel Made Bali sebanyak 200 bed. Hotel Bakung Sari sebanyak 130 bed. Tempat terbaru yakni Kantor Balai Diklat Agama Denpasar sebanyak 35 bed. Hotel Fashion Legian sebanyak 200 bed. Rusunawa Udayana sebanyak 128 bed.

“Saat ini sedang diupayakan untuk penambahan tempat isoter. Sedang dicari tempat untuk dilakukan isoter berbasis kecamatan. Ini diupayakan karena ada masyarakat yang tak mau jauh dari rumah,” ujar perwira melati dua di pundak ini yang baru menjabat Kapolres Badung pada 5 Agustus 2021i.

AKBP Dedy mengungkapkan anggota Polres Badung yang dilibatkan dalam pemindahan isoman ini sebanyak 150 orang. “Kita menargetkan secepatnya para isoman ini dipindahkan. Sampai saat ini kami tak ada kendala. Saya minta tolong kepada rekan-rekan media untuk berkolaborasi, untuk memberi edukasi,” tandas AKBP Dedy.

Gerakan serupa dilakukan oleh aparat Polresta Denpasar. Bahkan Kapolresta Denpasar Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan bersama Dandim 1611/Badung Kolonel Inf I Made Alit Yudana ikut langsung memindahkan pasien isoman ke tempat isoter. Senin (16/8) siang, Kapolresta dan Dandim bersama jajarannya dan instansi terkait memindahkan 12 orang pasien. Para pasien itu dipindahkan ke tempat isoter di Hotel GBB, Sanur, Denpasar Selatan sebanyak 10 orang. Dua orang lainnya di Hotel Mahajaya di Kecamatan Denpasar Barat.

Kombes Jansen mengatakan penyebaran Covid-19 di Kota Denpasar masih tinggi. Dia berharap adanya kesadaran masyarakat untuk membantu pemerintah mencegah penyebaran Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Kalau ada anggota keluarga yang terindikasi terpapar Covid-19 segera disampaikan ke Satgas Covid untuk dilaksanakan isoter.

“Hasil evaluasi, isoman tidak efektif mencegah penyebaran Covid-19. Saya berharap masyarakat mau dan sukarela melaksanakan isoter. Di tempat isoter lebih terjamin dan disiplin dalam melaksanakan prokes. Fasilitas lengkap, makan disediakan, dan juga obat-obatan,” tandas Kombes Jansen. *pol

Komentar