nusabali

PPKM Darurat, Diskominfo Nonaktifkan 131 Unit Wifi Gratis pada Malam Hari

  • www.nusabali.com-ppkm-darurat-diskominfo-nonaktifkan-131-unit-wifi-gratis-pada-malam-hari

SEMARAPURA, NusaBali
Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Klungkung menonaktifkan 131 titik pelayanan internet gratis Wifi-Bali Smart Island (BSI).

Namun dari 131 ini, 11 titik wifi sudah nonaktif lebih awal karena gangguan sinyal.  Penonaktifan dimaksud antara pukul 20.00 Wita – 06.00 Wita. Tindakan ini guna mencegah kerumunan warga karena biasanya berdesakan untuk mencari internet gratis pada malam hari. Internet gratis tersebut diaktifkan pada keesokan harinya, pukul 06.00 Wita - 20.00 Wita. Hal ini dilakukan selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Adapun 131 titik wifi gratis tersebut, di antaranya 9 unit terpasang di tempat publik, dan 122 unit terpasang di wilayah desa adat.

Kepala Dinas Kominfo Klungkung I Wayan Parna mengatakan pembatasan pelayanan wifi gratis ini sehubungan dengan surat yang dikeluarkan oleh Diskominfo Bali Nomor B.24.049/11862/IAI/D.KOMINFOS per 8 Juli 2021, terkait evaluasi PPKM Darurat di Bali.

Maka, sejak Kamis layanan internet gratis Wifi-Bali Smart Island (BSI) setiap harinya dibatasi pada pukul 20.00 Wita. Wifi ini kembali diaktifkan keesokan harinya, pukul 06.00 Wita selama PPKM Darurat. "Kami juga sampaikan pengumuman ini medsos, dan group-group WhatAps," imbuh mantan Kabag Humas Setda Klungkung ini.

Wayan Parna menyebut, pelayanan internet gratis ini memang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat baik yang terpasang di pelayanan publik dan desa adat. Dampaknya, tak dipungkiri sering terjadu kerumunan hingga rentan terjadi penularan pandemi. "Internet gratis yang kami pasang di tempat publik, yakni Monumen Puputan Klungkung, Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, dan lainnya," ujar kadis asal Banjar Sidayu, Desa Takmung, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung ini. *wan

Komentar