nusabali

Pasar Senggol Buka Sampai Pukul 22.00 Wita

  • www.nusabali.com-pasar-senggol-buka-sampai-pukul-2200-wita

SEMARAPURA, NusaBsli
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengizinkan Pasar Senggol Semarapura buka hingga pukul 22.00 Wita.

Dengan catatan, pembeli tidak makan di lokasi. Hal itu diungkapkan Bupati saat bersama Tim Satgas Covid-19 memantau hari pertama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, pengendalian penyebaran Covid-19, di seputaran Kota Semarapura, Klungkung, Sabtu (3/7) malam.

Dari pantauan di lapangan, Bupati Suwirta mengakui masyarakat telah memahami penerapan PPKM Darurat. Di mana toko toko modern di jantung Semarapura sudah tutup pada pukul 20.00 Wita.

Khusus di Pasar Senggol Semarapura, Bupati Suwirta memberikan kelonggaran untuk tetap buka hingga pukul 22.00 Wita, pembeli jangan makan di lokasi. "Makanan harus dibungkus untuk dibawa pulang," ujar Bupati Suwirta.

Upaya itu, lanjut Bupati, untuk menghindari timbulnya keramaian di Pasar Senggol. Para pedagang di Pasar Senggol dan pedagang kaki lima lainnya juga diimbau tidak menyediakan tempat duduk pengunjung. "Kami paham psikologi masyarakat di tengah situasi pandemi ini," kata Bupati Suwirta.

Kata Bupati, keselamatan masyarakat adalah hal utama. Bupati Suwirta berharap PPKM Darurat tidak berlanjut setelah 20 Juli 20211. "Dalam artian jumlah kasus positif Covid-19 menurun dan selesai setelah pemberlakuan PPKM Darurat ini," ujar Bupati Suwirta.

Bupati asal Nusa Ceningan, Nusa Penida ini juga menambahkan, meski di Kabupaten Klungkung ada penambahan kasus positif namun peningkatannya paling kecil di Bali. "Klungkung juga akan melakukan tracing lebih ketat yang akan bisa berpengaruh pada jumlah kasus baru," kata Bupati Suwirta. Pelaksana kegiatan di tempat tempat ibadah dan kegiatan upacara adat supaya mengatur pembatasan peserta. Sehingga protokol kesehatan benar-benar berjalan dengan pengawasan dan izin dari Tim Satgas Kabupaten.

Sementara itu, Minggu (4/7) pagi, Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Klungkung, menggelar monitoring hari kedua pelaksanaan PPKM Darurat, di Pasar Umum Galiran, Pasar Seni Samarapura, hingga Lapangan Puputan Klungkung. Monitoring dipimpin Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta selaku Ketua Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Klungkung, diikuti Kabag Ops Polres Klungkung Kompol I Made Gede Surya Atmaja, dan lainnya.

Dalam monev yang dilaksanakan mulai pukul 07.00 Wita, Bupati Suwirta melihat situasi pasar sudah mulai sepi, sehingga jarak pun bisa terjaga dengan baik. Jam buka dan tutup pasar masih dilaksanakan seperti biasa dengan catatan agar masyarakat tetap taat mengikuti pelaksanaan prokes dengan sebaik-baiknya.

Terkait dengan pengamanan pelabuhan, Bupati Suwirta meminta petugas untuk mengawasi semua pintu pelabuhan, baik yang di Klungkung daratan maupun di pelabuhan Kecamatan Nusa Penida.  "Kami sudah menghubungi semua pengelola boat penyeberangan untuk membatasi jumlah penumpang menjadi 70 persen di setiap keberangkatan," ujar Bupati Suwirta. *wan

Komentar