nusabali

Desa Buahan Gelar Lomba Baca Teks Proklamasi

Peringati Bulan Bung Karno Juni 2021

  • www.nusabali.com-desa-buahan-gelar-lomba-baca-teks-proklamasi

GIANYAR, NusaBali
Pemerintahan Desa Buahan, Kecamatan Payangan, Gianyar, menggelar Lomba Baca Teks Proklamasi dan Lomba Mewarnai, Selasa (29/6).

Lomba ini digelar serangkaian peringatan Bulan Bung Karno, Juni 2021 dan hari lahirnya Pancasila. Lomba dibuka Perbekel Desa Buahan I Wayan Sudarsa. Ketua Panitia Lomba I Wayan Suarmaja menyebutkan kegiatan serangkaian bulan Bung Karno di Desa Buahan diawali dengan bersih-bersih lingkungan melibatkan warga.  Kegiatan itu dilanjutkan dengan Lomba Teks Proklamasi tingkat SMP dan Lomba Mewarnai untuk TK.  “Peserta perwakilan dari masing-masing dusun,” ujarnya.

Pria yang juga Koordinator Penyuluh Bahasa Bali Provinsi Bali ini, menyebutkan lomba diikuti 20 orang, terdiri dari anak TK 10 orang dan 10 siswa SMP. Juri yang dilibatkan 6 orang. “Juri terdiri dari teman-teman Penyuluh Bahasa Bali di Kecamatan Payangan,” jelasnya.

Perbekel Desa Buahan I Wayan Sudarsa mengatakan peringatan Bulan Bung Karno III ini merupakan salah satu upaya pemerintah desa untuk menggelorakan kembali ajaran dan nilai nilai luhur Bung Karno. Nilai ini sebagai salah satu fondasi pendidikan karakter generasi di masa depan. “Kami ingin menanamkan nilai-nilai luhur Bung Karno sejak usia dini. Karena mereka nanti sebagai calon-calon pemimpin di masa yang akan datang,” ujarnya.

Siswa sebagai peserta lomba dipilih, jelas Sudarsa, tidak lepas dari visi Pemdes Buahan, yakni meningkatkan kesejahteraan masyarakat lewat pendidikan. Dia sangat yakin, dengan SDM handal maka kemajuan pembangunan akan bisa dicapai. ‘’Karenanya, karakter generasi muda harus dibentuk sejak dini dengan memberikan pengenalan sejarah dan nilai-nilai luhur Pancasila,” ujarnya.*nvi

Komentar