nusabali

SMKN 4 Bangli Rancang Program Lintas Mata Pelajaran

  • www.nusabali.com-smkn-4-bangli-rancang-program-lintas-mata-pelajaran

Siswa yang pilih program lintas mata pelajaran ikut ujian di dua jurusan dan dapat dua sertifikat.

BANGLI, NusaBali

SMKN 4 Bangli menyiapkan program lintas mata pelajaran di tahun ajaran 2021/2022. Program lintas mata pelajaran ini nantinya diikuti oleh siswa kelas XI. Dengan program ini, siswa dapat mengikuti pelajaran pada jurusan yang berbeda. Program lintas mata pelajaran ini untuk meningkatkan kemampuan para siswa serta mengasah kreatifitas siswa. Program ini diharapkan bisa mengakomodir kebutuhan siswa.

Kasek SMKN 4 Bangli, I Wayan Suparta menjelaskan, program lintas mata pelajaran yakni program yang dapat diikuti siswa kelas XI. Para siswa tidak hanya menekuni satu jurusan saja, namun diberikan pilihan mengikuti jurusan tambahan. “Siswa kelas IX akan mengikuti dua jurusan sekaligus,” jelas Wayan Suparta, Senin (28/6).

Jurusan tambahan yang dapat dipilih yakni perhotelan dan tata boga. SMKN 4 Bangli yang berlokasi di Jalan Nusantara, Kelurahan Kubu, Bangli punya tujuh jurusan yakni Perhotelan, Tata Boga, Seni Tari, Seni Kerawitan, Desain Komunikasi Visual, Pedalangan serta Tata Kecantikan Kulit dan Rambut. Wayan Suparta mencontohkan, jika siswa saat ini memilih jurusan Seni Tari, pada kelas XI dapat mengikuti program lintas mata pelajaran baik itu jurusan perhotelan ataupun tata boga.

Wayan Suparta menjelaskan, alasan merancang program lintas mata pelajaran untuk meningkatkan kemampuan para siswa serta mengasah kreatifitas siswa. Dengan dibukanya program lintas mata pelajaran ini diharapkan bisa mengakomodir kebutuhan siswa. Terkait program ini sekolah menggandeng salah satu kampus pendidikan dan pelatihan di bidang pariwisata. Program lintas mata pelajaran ini akan dilakukan seusai mengikuti jurusan awal. “Pagi mengikuti pembelajaran sesuai jurusan awal, setelah itu ikut jurusan tambahan,” jelas Kasek asal Kelurahan Cempaga ini.

Saat di kelas XII, siswa yang mengikuti program lintas mata pelajaran akan mengikuti ujian di dua jurusan. Sertifikat yang diterima juga dari kedua jurusan. “Siswa memiliki keahlian lebih, tentu peluang juga lebih besar ketika terjun di dunia kerja,” tegasnya. Wayan Suparta memberikan kebebasan kepada siswa untuk memilih. “Tetap mengikuti satu jurusan tidak masalah. Jika mengambil kelas tambahan juga tidak akan dibebankan biaya lagi,” jelasnya.

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), SMKN 4 Bangli membuka 10 rombongan belajar. Jurusan Tari, Pedalangan, Seni Karawitan, Tata Kecantikan, dan Desain Komunikasi Visual dibuka satu rombel. Jurusan perhotelan ada dua rombel. Sedangkan tata boga dibuka tiga rombel. “Jurusan pariwisata paling diminati,” imbuh mantan Kasek SMKN 2 Bangli ini. *esa

Komentar