nusabali

Sepekan, Capaian Vaksinasi Bertambah 34.017 Orang

  • www.nusabali.com-sepekan-capaian-vaksinasi-bertambah-34017-orang

NEGARA, NusaBali
Jumlah warga Kabupaten Jembrana yang telah divaksinasi Covid-19 semakin meningkat. Dalam sepekan, Minggu (13/6) - Sabtu (19/6), ada tambahan 34.017 orang yang divaksinasi.

Tambahan ini terdiri dari 33.196 tambahan vaksinasi dosis pertama dan 821 tambahan yang divaksinasi dosis kedua. Dari 224.983 target sasaran vaksinasi di Jembrana, berdasar data capaian vaksinasi per Sabtu (12/6) lalu, sebelumnya tercatat ada 93.327 orang yang telah divaksinasi dosis pertama (42,82 persen) dan 37.259 orang yang telah divaksinasi dosis kedua (16,56 persen). Sedangkan berdasar data capain vaksinasi per Sabtu (19/6), tercatat ada sebanyak 126.523 orang yang telah divaksinasi dosis pertama (56,24 persen) dan 38.080 orang yang telah divaksinasi dosis kedua (16,93 persen).

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Jembrana dr I Gusti Agung Putu Arisantha, Minggu (20/6), mengatakan belakangan sudah terjadi peningkatan capaian vaksinasi yang cukup signifikan. Dalam sepekan terakhir ini, capaian vaksinasi di Jembrana mencapai rata-rata 4.800 orang lebih per hari. Capaian itu pun sudah melampaui proyeksi capaian vaksinasi yang sebelumnya ditargetkan 4.500 orang per hari. “Sudah melebihi. Per hari mencapai di atas 4.500 orang. Beberapa hari lalu, juga sempat mencapai 5.000 orang,” ujarnya.

Menurut Arisantha, peningkatan capaian vaksinasi ini tidak lepas dari antusiasme masyarakat dalam mengikuti vaksinasi di Jembrana. Baik itu dalam gebyar vaksinasi secara jemput bola di desa/kelurahan hingga banjar/lingkungan, termasuk mengikuti layanan vaksinasi yang tersebar di 15 fasilitas kesehatan (faskes) se-Jembrana. “Sudah makin banyak yang ikut vaksin. Kami harapkan tetap meningkat dan target vaksinasi 224.983 warga Jembrana bisa segera tercapai,” ujar Arisantha yang juga Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Jembrana.

Bupati Jembrana I Nengah Tamba, saat memantau pelaksanaan gebyar vaksinasi di Kantor Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, Jumat (18/6), mengatakan, senang melihat masyarakat yang belakangan semakin antusias dalam mengikuti vaksinasi Covid-19. Menurutnya, hal ini menandakan masyarakat sudah paham dengan pentingnya vaksinasi. “Vaksinasi dengan menyasar masyarakat akan terus dilakukan,” ujarnya.

Bupati meminta kepada seluruh OPD hingga perangkat desa/kelurahan, untuk terus menggencarkan sosialisasi ke masyarakat. Jika ada masyarakat yang tidak mau divaksin, Bupati Tamba meminta agar segera mencari tahu kendalanya dan beri pemahaman terhadap pentingnya vaksinasi. “Setiap kesempatan saya juga terus mewanti-wanti kepada masyarakat untuk jangan takut divaksin. Vaksinasi ini tujuannya untuk melindungi. Kita ingin masyarakat sehat dan ekonomi cepat pulih,” ucapnya. *ode

Komentar