nusabali

RSU Bangli Rencana Tambah 4 Ambulans

  • www.nusabali.com-rsu-bangli-rencana-tambah-4-ambulans

BANGLI, NusaBali
RSU Bangli rencanakan pengadaan 4 unit ambulans dengan anggaran Rp 2,7 miliar.

Pengadaan mobil ambulans sudah masuk tahap tanda tangan kontrak. Sumber dana dari dana alokasi khusus (DAK). Tambahan empat unit mobil ambulans meliputi 2 ambulans jenazah, 1 ambulans transport, dan 1 mobil ambulans emergency.

Wadir Sarana Prasarana RSU Bangli dr Wayan Pariasta mengatakan, RSU Bangli mengajukan permohonan bantuan pengadaan mobil ambulans ke pemerintah pusat pada tahun 2020. Awalnya RSU Bangli mengajukan permohonan bantuan pengadaan 1 unit mobil ambulans. Anggaran yang turun justru untuk pengadaan 4 unit mobil ambulans. “Anggaran untuk pengadaan empat unit ambulans dengan sumber dana dari Dana Alokasi Khusus Rp 2,7 miliar,” jelas dr Pariasta, Senin (14/6).

Setelah proses tender, harga penawaran Rp 2.286.205.000 dan sudah tanda tangan kontrak antara penyedia dengan PPK. Menurut dr Pariasta, pengadaan empat unit ambulans meliputi 2 mobil ambulans jenazah, 1 mobil ambulan stransport, dan 1 mobil ambulans emergency. “Ambulans emergency dilengkapi dengan alat monitor jantung dan alat kedaruratan lainnya. Ambulans transport di dalamnya standar hanya isi tabung oksigen,” ungkapnya.

Diakui, saat ini RSU Bangli belum punya ambulans emergency, hanya ada 4 ambulans transport dan 1 unit ambulans jenazah. Ambulans dioperasikan oleh 10 orang petugas. Dengan adanya tambahan 4 unit ambulas lagi, RSU Bangli tetap mengoptimalkan petugas yang ada. *esa

Komentar