nusabali

STAHN Buka PMB Gelombang Kedua

  • www.nusabali.com-stahn-buka-pmb-gelombang-kedua

SINGARAJA, NusaBali
Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN) Mpu Kuturan Singaraja, mulai membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) untuk gelombang kedua Tahun Ajaran 2021/2022.

Pendaftaran gelombang kedua akan dilakukan secara online, 8 April hingga 8 Juni 2021. Kampus bernuansa Hindu ini tahun 2021 menerima mahasiswa baru sebanyak 540 orang, sesuai dengan daya tampung yang dimiliki. Namun jumlah tersebut hampir terisi penuh pada PMB gelombang pertama dengan jumlah yang dinyatakan lolos pemberkasan 455 orang dari 647 orang pelamar. Selanjutnya dari 455 orang calon mahasiswa yang lolos seleksi administrasi, yang mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA) dan English Proficiency Tes (EPT) sebanyak 435 orang.

Hasilnya, sejumlah 284 orang dinyatakan lulus. Dengan rincian sebanyak berasal dari 200 jalur PIPK dan 84 dari jalur reguler, undangan dan prestasi. Sehingga kuota yang tersedia masih tersisa 256 kuota.

 Ketua STAHN Mpu Kuturan Singaraja, Dr Gede Suwindia, SAg, MA, mengajak seluruh tamatan SMA/SMK untuk memanfaatkan kesempatan yang masih terbuka lebar. Terlebih STAHN menyediakan berbagai jenis beasiswa dan sarana prasana yang berkualitas.

“Kelulusannya ditentukan dari kelengkapan administrasi berkas dan hasil Tes TPA dan EPT. Sehingga dari jumlah pelamar di awal yang masuk hanya setengahnya yang akhirnya lolos,” ujarnya. Menurut Suwindia, STAHN Mpu Kuturan terus berbenah dan melengkapi sarana prasarana penunjang perkuliahan. Seperti pembangunan asrama untuk mahasiswa. Selain itu juga pengembangan akademik melalui akreditasi seluruh prodi dan lembaga.

“Kami juga sedang berproses untuk menyiapkan akreditasi institusi, sebelum membidik status institut,” imbuhnya. Sejauh ini, STAHN Mpu Kuturan memiliki 9 Program Studi jenjang S1 dan 1 Prodi Magister atau jenjang S2. Untuk program pendidikan S1, yakni Filsafat Hindu, Teologi Hindu, Hukum Hindu, Pendidikan Guru Agama Hindu, Pendidikan Guru Sekolah Dasar /PGSD, Pendidikan Guru PAUD, Sastra Agama dan Pendidikan Bahasa Bali, Pariwisata Budaya, Ilmu Komunikasi.

Biayanya pun cukup terjangkau, dengan biaya SPP per semester sebesar Rp 600 ribu. Sementara untuk program pendidikan S2 ada Program Studi Pendidikan Agama Hindu, dengan biaya SPP sebesar Rp2,5 juta. Untuk informasi lebih lanjut, bisa mengakses website: pmb.stahnmpukuturan.ac.id.*k23

Komentar