nusabali

Pataka I Gusti Ngurah Rai Diarak Keliling Klungkung

  • www.nusabali.com-pataka-i-gusti-ngurah-rai-diarak-keliling-klungkung

Setelah diarak di Karangasem, Pataka I Gusti Ngurah Rai tiba di Klungkung, Senin (14/11) pagi.

SEMARAPURA, NusaBali

Upacara serah terima dilakukan di Lapangan Puputan Klungkung, dipimpin Sekkab Klungkung I Gede Putu Winastra, sementara dari Pemkab Karangasem dipimpin Staf Ahli Bidang Ekonomi Setda Karangasem, Anak Agung Rama Putra.

Upacara serah terima Pataka diawali dengan pembacaan surat Kapten J.B.T Konig dan surat Pimpinan Dewan Perjuangan Bali I Gusti Ngurah Rai (surat sakti) dilanjutkan dengan serah terima pataka, panji-panji dan surat sakti I Gusti Ngurah Rai. Panji-panji dan surat sakti I Gusti Ngurah Rai diarak oleh siswa SMA/SMK, ke delapan lokasi perjuangan di Klungkung.

Ketua P2M (Pemuda Panca Marga) Klungkung I Putu Wijaya mengatakan, adapun rute yang dilalui pataka tersebut, dari depan Monumen Puputan Klungkung menuju tugu pahlawan di Gelgel, perempatan Lepang, Desa Takmung, ke arah utara menuju Tugu Banjarangkan, kembali menuju arah Dusun Banda, Desa Takmung, Desa Tihingan, Pegending, Kota Klungkung. Lanjut ke arah timur menuju Sampalan-Desa Dawan Kelod dan Banjar Pangi, Desa Pikat, Kecamatan Dawan, Klungkung. “Seusai diarak pataka, panji-panji dan surat sakti tersebut disemayamkan di Balai Banjar Pangi, Desa Pikat,” ujarnya.

Di Balai Banjar Pangi diisi dengan acara sarasehan ‘Nilai-nilai Kepahlawanan’. Selasa (14/11) ini, pataka dan surat sakti I Gusti Ngurah Rai akan diserahkan ke Kabupaten Bangli.  wa

Komentar